Menu Makan Sehat Dalam 7 Hari

Menu Makan Sehat Dalam 7 Hari. Memang kelihatan gampang, namun kadang sulit untuk dijalankan. Karena setiap individu akan berbeda keseharian, sehingga asupan penting dibutuhkan oleh tubuh menjadi beragam. Paling tidak, tulisan ini dapat dijadikan referensi, walau bukan merupakan saran khusus profesional.

Menu Makan Sehat Dalam 7 Hari
Gambar Ilustrasi Makan Bersama, oleh: Real Good.

Ilustrasi menu makan sehat ini dimaksudkan untuk saran sarapan pagi serta makan malam, kita anggap makan siang diluar ya, karena biasanya beraktivitas diluar rumah seperti kerja dan kegiatan lainnya. Berlaku mulai hari Senin sampai Jumat, dengan asumsi Sabtu – Minggu menyesuaikan.

SENIN
Bagi yang terbiasa berlibur akhir pekan, hari senin biasanya adalah hari yang agak sedikir malas untuk memasak, walaupun tidak semua begitu, ada yang hari minggu justeru pergi ke pasar untuk belanja kebutuhan mingguan. Saran Menu Sehat: Sarapan Nasi Goreng campur wortel, jagung manis, kacang polong atau Roti Sandwitch, kemudian menu Sup untuk makan malam.

SELASA
Sela-selane Menungsa (dalam bahasa jawa), bisa diartikan waktu yang senggang. Anda begitu? mudah-mudahan ya.. 🙂 Saran Menu Sehat: Sarapan Soto khas daerah anda, kemudian Nasi Kebuli untuk makan malam.

RABU
Sebagai pertengahan hari, jika memang sedang dalam rutinitas penuh, sebaiknya memasak menu yang simple saja. Saran Menu Sehat: Sarapan dengan lauk ayam goreng plus sayuran, kemudian Ikan Bakar / Goreng untuk makan malam.

KAMIS
Mendekati weekend, biasanya ada waktu khusus untuk membicarakan rencana berlibur keluarga di akhir pekan, gunakan saat makan bersama untuk membahasnya. Saran Menu Sehat: Sarapan Nasi Ramesan (sesuaikan selera keluarga), kemudian masakan khas untuk makan malam, sebagai contoh Nasi Tutug Oncom. Ajak anggota keluarga untuk memasak bersama.

JUM’AT
Nah ini dia, hampir sama seperti pada hari senin, jika sudah siap sibuk dengan liburan akhir pekan, maka cukup memasak menu sederhana saja, supaya tidak tersisa ketika ditinggal berlibur. Saran Menu Sehat: Aneka Tumisan Sayur, lengkap dengan telur, tahu, tempe, sambal sebagai pelengkap, kemudian bisa diselingi makan malam bersama diluar sesekali.

Menu Makan Sehat Dalam 7 Hari — Sabtu & Minggu,
Seperti ditulis diatas, weekend merupakan waktu khusus bagi anda beserta keluarga, menu masakan bisa bebas, bahkan tidak perlu memasak jika memang ingin menciptakan suasana lain diluar rumah.

Namun bagi anda yang terbiasa memanfaatkan waktu libur dirumah saja, maka bisa diisi dengan kegiatan memasak bersama seluruh anggota keluarga besar. Membuat Nasi Liwet, atau kegiatan memasaknya sering dikenal dengan Ngaliwet (bahasa sunda), bisa menjadi sarana menambah kedekatan keluarga, sembari menggelar tikar dikebun, lalu makan bersama diatas daun pisang, hmmm…. maknyus 🙂

Menu Makan Sehat Dalam 7 Hari. Semoga menjadi inspirasi, terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *