Sangu Tutug Oncom Khas Pasundan

Sangu Tutug Oncom Khas Pasundan. Dalam bahasa Indonesia, sangu berarti nasi. Sedangkan Oncom adalah makanan hasil fermentasi, mirip dengan tempe, tapi berbeda cita rasa dan pengolahan. Oncom banyak ditemukan di jawabarat.

Sangu Tutug Oncom Khas Pasundan
Sajian Khas Nasi Tutug Oncom

Karena kebetulah suami saya adalah orang sunda, maka ketika ada kesempatan punya oncom dibawakan keluarga dari jawabarat atau ketika berkunjung kesana, biasanya terus suka minta dibuatin Nasi Tutug Oncom, dirumah. Kalau sudah begini, bisa seharian lauknya hanya itu saja, bahkan hari-hari berikutnya, selama persediaan oncom masih ada 🙂

Tutug Oncom, bisa dibilang kuliner lawas, karena suami saya dulu sering dibuatkan makanan ini oleh nenek beliau untuk bekal sekolah, dibungkus dengan daun (seperti nasi timbel), dengan tambahan lauk ikan asin. Atau sebagai hidangan santap siang dirumah.

Oncom sendiri, jika selain di daerah pasundan seperti bandung, tasikmalaya, sumedang, memang agak sedikit sulit dicari, kalaupun ada, menurut saya kualitas fermentasi dan rasa khasnya kurang mewakili oncom asli dari jawabarat.

Sangu Tutug Oncom Khas Pasundan ini jika dari sisi resep dan cara membuat memang tidak terlalu sulit, bumbu yang dibutuhkan juga sederhana, bumbu dapur biasa seperi bawah merah, bawang putih, kencur, lengkuas dan sejenisnya. Namun rasanya memang amat khas menggugah selera, semakin dihangatkan, semakin menebar pesona citarasa uniknya.

Untuk resep cara membuat Nasi Tutug Oncom, nanti saya share kalau pas kebetulan ada kesempatan lagi membuat. Saat tulisan ini dibuat, sudah lama belum dapat oncom lagi, mudah-mudahan di pasar lokal ada oncom yang seenak oncom asli jawabarat.

Selain enak dan gurih setelah diolah menjadi lauk nasi tutug, oncom ternyata memiliki manfaat bagi tubuh, seperti yang dilansir oleh situs manfaat.co.id, oncom memiliki kandungan gizi yang baik sebagai asupan bagi tubuh, terutama pada protein tinggi, terutama jenis oncom hitam.

Nah, jadi kepingin kan mencoba membuat sangu tutug oncom khas tanah pasundan ini? Selain murah, enak juga merupakan kuliner bergizi. Selamat berburu oncom dan resep nasi tutug oncom ini dirumah ya, semoga keluarga suka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *