Personal

Begini Tips Memanfaatkan Blog Pribadi

Begini Tips Memanfaatkan Blog Pribadi — Informasi ini berlaku bagi #MamaTekno yang kebetulan baru saja membuat blog sendiri, maupun yang sudah lama tidak nge-blog, kemudian sekarang kepingin menulis di blog lagi. Kebutuhannya pasti beragam, ada yang sekedar ingin menyalurkan hobi menulis, menjadi sarana kebaikan online dengan menyampaikan sesuatu yang bermanfaat bagi pembacanya, bahkan untuk keperluan profil bisnis pribadi. Yuk.. kita simak sampai tuntas!.

Begini Tips Memanfaatkan Blog Pribadi
Blogger Perempuan

Bagaimana Caranya Punya Blog?

Ada banyak cara agar kita punya sebuah blog pribadi. Namun agar lebih mudah memulainya, kita kelompokkan menjadi 2 (dua) tipe blog saja ya :

Blog Gratisan

Banyak juga tersedia platform yang menyediakan layanan blog gratis, salah satu yang populer adalah dengan menggunakan blogspot, cara mendaftarnya juga mudah :

  • Pastikan #MamaTekno sudah memiliki akun google mail, ya.
  • Kunjungi situs https://www.blogger.com untuk mendaftar blog gratis.
  • Ikuti saja panduan onlinenya di sana, mudah dan cepat, kok.
  • Setelah berhasil, akan langsung mendapatkan alamat blog.

Blog Premium Berbayar

Jika mulai serius ingin memiliki blog dan mengelolanya secara profesional, pilihan blog berbayar memang lebih tepat. Paling tidak, nama blognya nanti dapat lebih digunakan untuk kebutuhan personal branding maupun untuk jualan online. Tidak mahal kok, persiapkan saja dana sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000 untuk investasi biaya blog selama setahun.

Tapi aku belum pernah mencoba layanan blog berbayar, nih! Di mana belinya, lalu seperti apa tipe layanan yang bagus agar kita tidak rugi di kemudian hari? Tenang… Informasi tersebut sudah disiapkan, silahkan membaca lebih lanjut pada artikel : Perempuan Harus Tahu Jasa Hosting Terbaik di Indonesia. Jika sudah memahami, mari kita berlanjut kembali.

Setelah Punya Blog, Ngapain Lagi?

Oh iya, hampir saja lupa! saat ingin memiliki blog, pastikan mempersiapkan topik yang akan menjadi tulisan dan konten lainnya nanti, ya. Pilih saja topik yang sesuai dengan kemampuan atau yang disukai. Semisal #MamaTekno adalah seorang tenaga didik, maka pilih topik (niche) blog yang nantinya akan membahas tentang mata pelajaran yang dikuasai. Kemudian sesuaikan dengan nama blognya, misalkan saja : “belajar bahasa inggris cepat“, maka alamat blog juga dapat disesuaikan menjadi kursuscepatbahasainggris atau sejenisnya.

Pilih Tampilan Blog

Desain tampilan pada blogspot, biasa di kenal dengan nama Template. Jadi, #MamaTekno bisa melakukan pencarian di google menggunakan kata kunci “Template Blogspot Gratis“. Sedangkan untuk blog premium yang biasanya menggunakan platform wordpress, bisa dicari dengan kata kunci “Theme WordPress Gratis“. Developer yang membuat tampilan desain untuk blog, biasanya juga akan melengkapi dengan tutorial cara menggunakannya.

Sebagai saran, pilih tampilan desain untuk blog yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu terlalu banyak fitur jika nantinya tidak akan dipergunakan. Cukup mencari desain blog yang simpel saja, agar loading blognya juga nanti bisa cukup cepat. Kecepatan blog, sangat penting untuk mendapatkan posisi tertentu pada mesin pencarian google.

Sesuaikan Judul dan Deskripsi Blog

Jangan lupa, pastikan judul blog tidak lebih dari 60 karakter dan maksimal 160 karakter saja untuk isi deskripsi. Mengapa demikian? hal ini agar blog kita dapat terlihat lengkap dan maksimal pada halaman pencarian, terutama google search engine. Jadi, tidak ada kata atau kalimat yang terpotong nantinya. Atau, jika #MamaTekno ingin mengetahui informasi update tentang penyesuaian jumlah karakter judul, silahkan googling dengan kata kunci “berapa panjang karakter judul di pencarian google“. Nanti akan banyak tersedia informasi dari berbagai sumber terpercaya.

Jika memungkinkan, hindari menggunakan kalimat yang sama pada judul dan deskripsi. Semisal judul blognya adalah Belajar Bahasa Inggris Cepat, maka untuk deskripsi dapat disesuaikan dengan menggunakan Cara Lengkap Menguasai Bahasa Asing Secara Mudah Dalam Waktu Sebulan Saja.

Buat Kategori Untuk Mempermudah Posting

Kembali ke judul blog di atas, jika ini adalah blog tentang belajar bahasa inggris, maka buatlah kategori untuk memperkaya serta memisahkan konten yang akan dipublikasikan secara berkala, nantinya. Pilih nama kategori yang sesuai saja, misalkan : Belajar Grammar, Menguasai Conversation dan kategori pilihan sejenis lainnya.

Membuat kategori ini tidak perlu terlalu banyak, jika memang dibutuhkan kategori baru yang masih relevan, nanti akan dapat ditambahkan lagi. Sebagai awal buatlah satu hingga maksimal 5 kategori saja. Selain konten akan menjadi lebih fokus, ini juga tidak akan mempersulit saat kita akan update konten berupa posting artikel maupun informasi lain tentang bahasa inggris.

Lakukan Pembaharuan Konten Blog Secara Berkala

Berkala di sini berarti juga konsisten. Artinya, yang dimaksud bukanlah hari ini kita posting informasi sebanyak 10 artikel, namun setelah itu tidak melakukan apa-apa selama dua pekan kedepan. Lebih disarankan memilih waktu senggang kapan bisa secara solid melakukan update konten. Semisal waktu tersedia hanya sebulan sekali, maka lakukanlah itu secara konsisten.

Bilamana memungkinkan, gunakan rencana terjadwal membuat konten di blog. Ini akan semakin memudahkan kapan anda perlu menulis konten di blog pada waktu-waktu pilihan yang sudah #MamaTekno tentukan sendiri. Tak terkecuali jika halaman blog utama berisi produk jualan. Update sesekali dengan memeriksa siapa tahu ada informasi yang kurang atau bahkan berlebihan. Mengurangi serta menambahkan konten yang sudah ada, bisa termasuk update juga, lho!.

Begini Tips Memanfaatkan Blog Pribadi

Hal penting selanjutnya setelah memiliki blog pribadi adalah melakukan sosialisasi serta publikasi. Ini dapat dilakukan dengan banyak cara. Seperti misalnya membagikan di akun social media, menyampaikan link saat ada update terbaru di forum maupun grup online dan lain sebagainya. Tapi jangan terlalu sering atau bahkan mengulangi dengan informasi yang sama, ya! Pastikan hanya pada saat-saat semisal dibutuhkan saja. Terlalu sering berbagi di social media tanpa adanya respon, justeru akan dianggap sebagai tindakan spam. Sebaiknya benar-benar dihindari.

Bergabung Dengan Komunitas Yang Relevan

Cara ini, selain dapat mempermudah #MamaTekno untuk mengabarkan informasi dari blog sendiri, juga bisa menjadi ajang silaturahmi yang biasanya akan muncul ide-ide baru untuk kebutuhan update konten di blog. Sangat menguntungkan. Ilmu dapat banyak, konten juga akan selalu fresh dengan ide yang baru serta update. Jadi, sebaiknya lakukan ini, ya.

Untuk sementara ini, hanya itu yang dapat Hariyanti Personal Blog sampaikan tentang Begini Tips Memanfaatkan Blog Pribadi. Semoga dapat menjadi manfaat dan membantu #MamaTekno saat ingin memaksimalkan aset blog pribadinya untuk berbagai kebutuhan.

Punya tips atau bahkan pengalaman menarik lainya terkait Begini Tips Memanfaatkan Blog Pribadi ? Boleh dong berbagi juga di sini menggunakan kolom komentar yang tersedia, ya. Ada Giveaway Menarik, lho bagi kontributor dengan pengalaman menarik untuk #MamaTekno!.

Nge-BLOG itu baik, bahkan bisa sangat bermanfaat.

Begini Tips Memanfaatkan Blog Pribadi – NONI.web.id

Blogger Wanita. Menulis tidak hanya Senang. Tapi juga butuh. Menjadi sarana kebaikan berupa informasi bermanfaat, Adalah salah satu tujuan utamanya.

8 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *