Bisnis

Blog Personal Cenderung Lebih Diminati

Kok bisa, ya? sebelum membahas lebih lanjut, tidak berlebihan rasanya jika kita singgung sedikit tentang apa itu blog personal, agar informasi ini dapat tersaji lebih lengkap sebagai jawaban atas pertanyaan Mengapa Blog Personal Cenderung Lebih Diminati oleh kalangan pemilik brand maupun pelaku usaha sebagai sarana pemasaran digital.

Apa itu blog dan bagaimana cara membuat situs blog?

Secara sederhana, blog merupakan sebuah sarana digital yang dimiliki dan dikelola secara mandiri oleh seorang blogger. di Indonesia sendiri, pemilik blog pribadi dikenal dengan nama Narablog. Secara profesional, blog adalah sebuah situs media online personal berisi aneka konten bermanfaat yang selalu diupdate secara berkala.

Cara membuat situs blog pribadi juga tergolong sangat mudah. Cukup memilih salah satu platform blog yang telah tersedia gratis seperti pada website https://wordpress.com dan https://blogger.com, kemudian mendaftar untuk memiliki akun blog menggunakan alamat email.

Nah, setelah punya akun blog, barulah kita bisa mulai membangun sebuah situs web pribadi atau yang terkenal dengan sebutan blog ini sesuai dengan tujuan dan kebutuhan masing-masing. Namun mohon maaf, pada artikel ini, kita tidak akan terlalu detail membahas secara teknis tentang bagaimana cara membuat blog. Yuk.. lanjut ke topik pembahasa utama!

Blog Personal Cenderung Lebih Diminati
Blog Personal Cenderung Lebih Diminati. Mengapa Demikian?

Mengapa Blog Personal Cenderung Lebih Diminati?

Faktanya, sejak awal kehadiran blog hingga saat ini, fungsi dan manfaatnya terus saja berkembang. Jika sebelumnya hanya terbatas digunakan sebagai sarana menulis konten yang sifatnya hanya berkisah seputar pengalaman pribadi, sekarang justeru meningkat dan dapat dimanfaatkan sebagai sarana marketing promosi digital yang menarik perhatian pelaku usaha hingga pemilik sebuah brand besar.

Bahkan sepertinya saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan penting bahwa setiap produk maupun jasa yang dipasarkan secara online, akan lebih mudah dikenal dengan “memanfaatkan blog pribadi” sebagai salah satu cara jitu memperkenalkan bisnisnya. Berikut beberapa poin penting mengapa pemilik usaha berminat bekerja sama dengan blogger untuk kebutuhan pemasaran digital :

  • Blog personal, lebih banyak berisi tentang konten yang sifatnya riil, tidak melulu mengandung bahasa iklan (baca: copywriting) seperti misalnya : pengalaman pribadi saat menggunakan sebuah produk atau jasa, story telling tentang sebuah sarana maupun tempat yang pernah dikunjungi dan lain sejenisnya. Fakta seperti ini tentu akan membuat sebuah konten promosi menjadi lebih soft selling, yang mana ini amat disukai oleh pengiklan maupun pembaca iklan yang akhirnya tertarik dengan konten yang disajikan.
  • Pemilik blog pribadi biasanya membuat blog sesuai dengan apa yang Ia sukai, minat hingga keahlian yang dimilikinya. Seperti misalnya jika seorang narablog lebih “punya pesyen” di bidang fashion, maka Ia akan secara intens menulis di blog tentang hal-hal utama terkait misalnya : tren model pakaian terbaru, bahan terbaik untuk hijab dan konten sejenis lainnya. Ini akan memudahkan pelaku bisnis untuk lebih tepat melakukan promosi sesuai dengan target audiensnya.
  • Konten blog disukai oleh mesin pencarian. Sebut saja Google, yang menyukai konten digital yang tersaji secara dinamis dan terupdate berkala. Kondisi seperti ini tentu akan lebih menguntungkan sebuah bisnis, salah satunya brand Anda akan lebih mudah ditemukan di mesin pencarian.
  • Blog memiliki konten lebih kaya. Ini merupakan keuntungan luar biasa yang dapat selalu dimanfaatkan oleh brand dan pelaku bisnis online, salah satunya adalah dapat meminta seorang blogger untuk membuat konten yang lebih detail berupa tulisan, gambar, video hingga review lengkap saat menggunakan produk maupun jasa yang sedang ditawarkan. Ini tentu dapat lebih meningkatkan sebuah Brand Awareness, bukan?

Lebih Mudah dan Murah Promosi Online di Blog

Mudah karena seorang blog biasanya sudah terbiasa membuat konten kreatif bahkan untuk kebutuhan promosi digital. Jadi Anda sebagai pemilik bisnis dapat lebih leluasa menyampaikan poin iklan seperti apa yang ingin disampaikan untuk dapat lebih menarik calon pembeli.

Murah! konten yang dimuat di blog, akan terus tayang selamanya (lifetime), tidak seperti pujian mantan yang biasanya hanya sepanjang lidahnya saja, kan? #eh.. ^_^ — Intinya, konten promosi bisnis Anda akan terus ada sepanjang masa (baca: selama blog tersebut masih ada). Inilah alasan mengapa Blog Personal Cenderung Lebih Diminati.

56% of marketers who leverage blogging say it’s effective and 10% say it generates the biggest return on investment.

HubSpot Blog Research, 2021

Bahkan memasang iklan di blog bisa dibilang jauh lebih murah harganya jika dibandingkan saat melakukan promosi digital di platform atau media yang lain yang mana jika saldo iklan sudah habis, maka akan berakhir juga promosi tersebut.

Sementara di blog? Anda cukup sekali bayar dan konten promosi bisnis akan terus tayang tak terbatas waktunya. Jadi, Promosi online di Blog Personal Cenderung Lebih Diminati.

Nah, bagaimana pemilik bisnis? Apakah sudah mulai mencari blog pribadi untuk memasarkan produk atau jasa dengan cara melakukan kerja sama dengan para narablog pemilik blog personal?

Jika belum, silahkan mencobanya, siapa tahu akan dapat menjadi solusi promosi online terbaik bagi startup bisnis online yang sedang Anda bangun. Semoga pertanyaan tentang Mengapa Blog Personal Cenderung Lebih Diminati dapat terjawab dengan artikel ini, ya.

Blogger perempuan. Mempublikasikan konten tentang Gaya Hidup, Bisnis, Kulineran, Parenting, Hiburan, Fashion, Beauty, Teknologi di Personal Blog NONI.web.id. Silahkan Hubungi : info@noni.web.id, untuk kerja sama.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.