Parenting

Perhatikan BAB Anak Saat Awal Puasa

Perhatikan BAB Anak Saat Awal Puasa di bulan Ramadhan. Ini sangat penting dan bisa jadi sering terlupakan oleh kita sebagai orangtua. Maklum saja, mempersiapkan menjalani ibadah puasa bersama anak tercinta memang tak selalu mudah bagi semua Ibu. Secara umum biasanya sering kita persiapkan hal-hal terkait menu makanan selama berpuasa, kegiatan selama menjalankan puasa dan lain sebagainya.

Perhatikan BAB Anak Saat Awal Puasa
Jangan Sampai Anak Susah BAB saat awal puasa

Penyebab Susah BAB pada Anak Saat Puasa

Terutama pada saat awal-awal memulai menjalankan puasa sehari penuh, bagi anak-anak yang belum terbiasa, ini juga tak mudah. Apalagi terkait dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan pada hari biasa tentu akan berbeda saat ketika bulan puasa. Faktor volume konsumsi makanan yang biasanya membantu melancarkan BAB (Buang Air Besar), menjadi salah satu penyebabnya.

Berkurangnya Asupan Mengandung Serat

KIta semua tahu, dari sekian banyak makanan dan minuman yang bisa membantu melancarkan bab, salah satunyanya adalah yang mengandung serat tinggi. Saat hari biasa, asupan berserat tinggi bisa jadi sangat banyak atau cukup. Karena jadwal makan dan minum juga lebih banyak. Berbeda pada saat puasa, ini perlu diperhatikan dengan baik.

Kurang Cairan

Masih sama terkait pola makanan serta volume asupannya. Saat sahur dan berbuka puasa, belum tentuk anak kita cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung air atau bahkan bisa jadi kurang minum. Bisa juga kekurangan cairan ini terjadi akibat bermain dan mengeluarkan keringat saat siang, sementara tubuh baru akan mendapat asupan cairan kembali saat berbuka puasa nanti.

Berikan Asupan Cukup Serat dan Air

Peru diingat, tak semua anak bisa terus terang saat pencernaannya terganggu hingga susah buang air besar. Jika tak kita perhatikan, bisa saja susah bab ini berjalan dalam waktu sekian hari, tentu ini kurang baik dan tidak sehat.

Nah, salah satu tips yang dapat dilakukan adalah dengan selalu memperhatikan asupan makanan serta minuman yang mendukung kesehatan pencernaan anak saat sahur maupun ketika berbuka puasa. Salah satunya adalah dengan menyediakan serta memberinya buah untuk memperlancar bab anak.

Tak perlu buah yang mahal. Cukup banyak jenis buah yang bisa membantu menjaga pencernaan agar bab anak tetap lancar. Selain murah, buah ini juga cukup umum disukai anak. Memperolehnya juga mudah. Bahkan bisa jadi anda menanamnya di rumah. Berikut adalah 3 (tiga) buah yang dapat dikonsumsi anak agar buang air besarnya tetap lancar saat puasa.

  1. Buah Pepaya
  2. Buah Jeruk
  3. Buah Pisang

Pepaya, sudah banyak yang mengenalnya bisa dikonsumsi agar buang air besar lancar. Beberapa orang bahkan menjadikan buah pepaya ini sebagai obat pencahar alami. Sementara pada buah jeruk, cukup banyak terkandung serat alami yang dapat membantu kesehatan pada pencernaan termasuk menghindari sembelit. Sedangkan nutrisi yang terkandung pada pisang juga sangat baik serta bermanfaat untuk membantu pencernaan.

Perhatikan BAB Anak Saat Awal Puasa

Mengapa awal puasa? Biasanya.. pencernaan terutama pada anak akan membutuhkan penyesuaian saat berpuasa. Setelah beberapa hari atau bahkan pertengahan bulan ramadhan akan menjadi lebih terbiasa. Jadi, jangan sampai awal-awal puasa, anak menjadi memiliki kendala sehingga hari berikutnya menjadi terganggu dalam menjalankan ibadah wajib bagi umat muslim ini. Karena itu, Perhatikan BAB Anak Saat Awal Puasa ya Bunda.

Blogger wanita. Senang mencoba resep masakan, terutama makanan Indonesia. Sesekali nonton film, termasuk drama korea. Menerima pesanan kuliner homemade.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *