Teh Biru Sehat Bagi si Kecil

Teh Biru Sehat Bagi si Kecil. Bisa dijadikan sebagai variasi minuman hangat pada akhir pekan, saat kita semuau berkumpul bersama keluarga tercinta. Dari bahan-bahan alami, tanpa pewarna buatan, sehingga insyaAllah tidak berbahaya bagi anak. Warnanya yang cantik, bisa membuat penasaran putera-puteri tercinta untuk tertarik minum teh biru.

Teh Biru Sehat Bagi si Kecil
Membuat Teh Bunga Telang (Hariyanti Dian/Martani Kuliner)

Cara Membuat Teh Biru

Bahan yang perlu disiapkan : Bunga Telang Kering, Gula Pasir, Air Panas.

  • Masukkan bunga telang ke dalam gelas,
  • Seduh dengan air panas secukupnya,
  • Tambahkan gula pasir sesuai selera,
  • Visualisasi membuat, silahkan simak pada video dibawah ini.
Video Cara Mudah Membuat Teh Biru dari Bunga Telang

Manfaat Bunga Telang

Selain digunakan sebagai pewarna makanan, ternyata bunga telang memiliki manfaat yang luar biasa ketika diseduh menjadi teh berwarna biru yang cantik. Seperti dilansir oleh kumparan, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Membantu penyembuhan Bisul
    Kebayang kan kalau anak kita kena bisul, sudah rewel, menangis terus karena sering merasa kesakitan. Nah, dengan bunga telang, masalah tersebut semoga bisa terbantu teratasi ya..
  2. Mengatasi infeksi Tenggorokan
    Anak sering batuk, serak, tenggorokan terasa sakit, silahkan dicoba dibantu dengan seduhan bunga talang, insyaAllah akan segera membaik.
  3. Memperkuat Rambut
    Anak siapa sih ini? Rambutnya hitam, tebal dan cantik. Ibu mau anaknya seperti itu? Bunga telang, bisa membantu menjadikan rambut anak hitam lebat dan sehat.

Teh Biru Sehat Bagi si Kecil

Nah, menarik bukan manfaat Bunga Telang bagi anak? Selain bagi si kecil, manfaatnya juga bisa dirasakan oleh orang dewasa, antara lain sebagai obat sakit telinga, menyembuhkan penyakit kulit, serta menghaluskan wajah. Wah.. bisa berguna bagi si Ibu juga nih.. 😉

Kembang atau bunga telang (Clitoria ternatea) adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika.

Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang. Bunganya di berbagai tempat Asia Tenggara dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue.

Di Malaysia, ekstrak mahkota bunganya dipakai untuk mewarnai ketan. Di Thailand, minuman penyegar berwarna biru dari ekstraknya dinamakan nam dok anchan (น้ำดอกอัญขัญ). Terdapat varietas dengan mahkota bunga berwarna putih.

Wikipedia Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *