Teknologi

Ingin Bisa Coding? Begini Tips Agar Belajar Lebih Mudah!

#MamaTekno yang punya blog pribadi, pasti punya keinginan menjadikan blognya bisa terlihat lebih cantik, elegan, keren serta memiliki fitur yang bermanfaat saat diakses oleh pembacanya, bukan? Ingin Bisa Coding? Begini Tips Agar Belajar Lebih Mudah!

Ingin Bisa Coding? Begini Tips Agar Belajar Lebih Mudah!
Ingin Bisa Coding? Begini Tips Agar Belajar Lebih Mudah!

Nah, untuk dapat mewujudkan keinginan tersebut, salah satunya adalah dengan mencoba belajar coding. Tidak sulit kok, bahkan jika sengaja dilakukan, insyaAllah akan menemukan hal-hal menarik baru yang bisa diterapkan pada blognya.

Pengertian Dasar Tentang Apa itu Coding

Sekilas, memang terkesan gimana gitu ya, jika kita sebagai perempuan mendengar tentang kata-kata coding. Namun setelah membaca artikel ini sampai tuntas, diharapkan #MamaTekno akan lebih menganggap bahwa coding itu adalah sesuatu yang sederhana serta mudah untuk dilakukan, jika kita mengetahui tipsnya.

Apa itu Coding? Coding adalah sebuah kegiatan untuk menjadikan sesuatu yang belum ada menjadi ada. Sebenarnya tak jauh berbeda dengan menulis. Hanya saja, coding dilakukan dengan cara merangkai bahasa program tertentu, sesuai dengan peruntukkannya.

Dalam dunia blogging, bahasa coding paling mendasar yang perlu dipelajari secara konsisten antara lain adalah : HTML (HyperText Markup Language).

Contoh Coding Paling Mudah dan Sederhana

Seperti disampaikan di atas, bahasa pemograman untuk membuat coding yang sering kita temui di blog adalah kode HTML. Jadi, khusus pada artikel ini, kita akan mencoba membahas tentang hal tersebut saja, ya.

Contoh Coding HTML

Biasanya, ini kerap terjadi bagi pemilik blog pribadi yang menggunakan platform blogspot/blogger. Mari kita ambil salah satu contoh kasus dengan kebutuhan untuk membuat sebuah link namun dalam bentuk tombol. Bagaimana cara membuatnya?

Siapkan editor text (bisa menggunakan notepad atau notepad++) Tulis kode di bawah ini :

<a href="https://noni.web.id/teknologi" target="_blank"><button>Lihat Artikel Teknologi</button>

Coding tersebut, setelah diterapkan pada konten editorial di blog, maka akan menghasilkan sebuah tombol menuju link yang diinginkan. Lho.. hanya dua tahap saja sudah bisa bisa berhasil membuat coding html? Iya! sangat mudah, bukan?

Lalu bagaimana jika memerlukan coding untuk kode html yang lain? dan apakah ada tools khusus yang dapat digunakan agar lebih mudah membuatnya? Tenang.. ada kok, akan disampaikan situs referensinya pada akhir artikel ini, ya!.

4 Tips Belajar Coding Lebih Mudah dan Cepat

Agar lebih semangat, berikut adalah tips yang perlu diperhatikan supaya #MamaTekno tetap update serta lebih nyaman dan mudah saat menyempatkan diri untuk belajar tentang coding lebih jauh lagi.

  1. Siapkan waktu saat salam kondisi santai. Jangan lupa siapkan juga beberapa camilan dan minuman hangat kesukaan.
  2. Pastikan untuk mempelajari coding yang sekiranya akan sering diperlukan dan digunakan saja. Seperti misalnya: cara membuat heading, paragraf, warna tulisan, pemilihan font, memasang gambar atau video dan lain sejenisnya.
  3. Ajak teman lain sesama blogger untuk belajar bersama, agar bisa lebih menyenangkan dan memiliki momen untuk diskusi.
  4. Jika memungkinkan, ikuti program belajar coding kelas dasar secara khusus. Ini bisa dilakukan secara online maupun mendatangkan mentor khusus offline.
Dokumentasikan Hasil Belajar Coding

Mengapa ini perlu? Karena bukan tidak mungkin setelah belajar kita akan menemui kesibukan lain, apalagi yang namanya emak-emak, bukan? Pasti adaaaa saja sibuknya!

Nah, agar apa yang sudah kita pelajari tetap menjadi sebuah ilmu yang bermanfaat, maka tidaklah berlebihan jika kita simpan. Jadi, suatu saat jika dibutuhkan, kita bisa membuka lagi apa yang sudah pernah dipelajari untuk kemudian diterapkan lagi.

Cara menyimpannya bisa dengan membuat sebuah blog baru dengan isi konten khusus tentang hasil dari tips belajar tentang coding tersebut, misalnya.

Yaaah.. jadi perlu biaya lagi dong? Lhooh ini kan ilmu, apalagi jika bisa lebih bermanfaat untuk orang lain karena tersimpan rekam digitalnya dalam bentuk tutorial, ini seru, kan?

Gak mahal kok biayanya. Bahkan, cukup dengan mulai dari 12 ribuan saja, #MamaTekno sudah bisa mendapatkan pilihan domain id yang bisa digunakan untuk membuat blog baru.

Jadi, Ingin Bisa Coding? Begini Tips Agar Belajar Lebih Mudah!

Nah, tetap semangat, ya! semoga artikel tentang Tips Belajar Coding ini bisa menjadi sarana untuk lebih memudahkan. Tidak hanya mudah, bahkan murah!.

Oh iya hampir lupa, situs yang dapat dijadikan sebagai alat belajar serta membuat coding secara online, dapat diakses menggunakan alamat https://html-online.com/editor/. Selamat mencoba!.

Blogger perempuan. Mempublikasikan konten tentang Gaya Hidup, Bisnis, Kulineran, Parenting, Hiburan, Fashion, Beauty, Teknologi di Personal Blog NONI.web.id. Silahkan Hubungi : info@noni.web.id, untuk kerja sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.