Bisnis

Inilah Yang Perlu Diketahui Tentang Apa Itu Seed Funding

Inilah Yang Perlu Diketahui Tentang Apa Itu Seed Funding, terutama bagi yang saat ini akan memulai menjalankan bisnis berupa startup baru. Menjelang tahun baru 2022 mendatang, tentu setiap orang punya keinginan untuk mendapatkan peluang bisnis. Apakah #MamaTekno juga termasuk salah satunya? Jika iya, yuk.. simak sampai selesai informasi menarik ini.

Apa Itu Seed Funding?

Inilah Yang Perlu Diketahui Tentang Apa Itu Seed Funding
Inilah Yang Perlu Diketahui Tentang Apa Itu Seed Funding

Secara garis besar, seed funding juga dikenal sebagai proses pengadaan modal bisnis tahap awal. Setiap usaha, apapun jenisnya, baik menjual produk maupun menawarkan layanan jasa profesional, pastilah akan membutuhkan modal baru untuk menjalankan serta mendukung perjalanan bisnisnya. Sehingga keberadaan seed funding ini akan sangat diperlukan, apalagi pada sebuah startup bisnis.

Jadi, jika saat ini timbul pertanyaan : apa itu seed funding ? Secara fungsional adalah sebuah perilaku bisnis untuk mendapatkan suntikan dana segar yang baru yang dapat digunakan sebagai modal dasar usaha yang akan dijalankannya.

Dari mana Seed Funding Dapat Diperoleh?

Sebagai pelaku usaha, tentu mengenal istilah investor. Namun jangan salah ya, seorang atau sekelompok investor ini tidak melulu berasal dari lembaga yang legal. Mari kita pahami secara sederhana saja. Misalnya #MaMaTekno akan membuka sebuah warung kelontong atau bisnis digital menjual pulsa. Investor bisa saja dari teman atau keluarga yang memang bersedia mendukung secara riil dengan menanmkan modal awal untuk usaha tersebut.

Terkecuali, jika startup bisnis yang dijalankan merupakan sebuah usaha yang telah memiliki legalitas seperti PT maupun CV. Sumber seed funding juga tentu akan menyesuaikan cara mendapatkannya. Pada praktiknya, cara memperoleh sumber dana berupa seed funding juga akan diikuti dengan proses legal lainnya, seperti :

  • Adanya surat kerja sama yang legal secara hukum
  • Diperlukan dokumen resmi terkait pembagian keuntungan baik secara finansial maupun aset bergerak
  • Serta timbal balik lain sesuai dengan kesepakatan awal antara pemilik usaha dengan penanam modal

Jenis Bisnis Yang Cepat Mendapatkan Seed Funding

Setiap investor, sudah pasti ingin mendapatkan keuntungan dengan cara menyalurkan seed funding miliknya. Jadi, pastikan jenis bisnis yang akan dijalankan memang memiliki prospek cukup logis bagi mereka. Seperti misalnya akan berjualan produk, pastikan bahwa produk tersebut memiliki kualitas terbaik serta banyak dibutuhkan oleh calon pembeli.

Jika startup bisnis adalah sebuah layanan jasa, pastikan juga memiliki daya interest serta peluang yang konsisten dalam jangka panjang. Ini tidak sulit sebenarnya, apalagi saat ini merupakan era digital, banyak peluang bisnis online yang sudah pasti akan dapat dengan mudah menggaet investor agar mau memberikan seed funding, bisnis tersebut antara lain adalah :

  1. Jasa Layanan Pendaftaran Domain
  2. Layanan Sewa Web Hosting
  3. Pembuatan Website Toko Online
  4. Pengadaan Aset Marketing Digital
  5. Dan masih banyak lagi

Dukungan Pemerintah Dalam Memberikan Seed Funding

Sependek yang NONI.web.id ketahui, pemerintah Indonesia sudah sangat mendukung pelaku bisnis masyarakat, terutama Usaha mikro hingga kelas menengah (UMKM). Hal ini terbukti dengan sosialisasi yang terus gencar diberitahukan pada setiap kementrian yang memiliki peluang untuk mendukung kemajuan pelaku bisnis di Indonesia.

Apalagi saat pandemi berlangsung, tentu kita semua juga ikut merasakan peran pemerintah dalam hal membantu pelaku usaha kecil hingga menengah agar selalu tetap bertahan. Sekarang sudah menjelang tahun baru 2022, kita semua harus terus semangat mengejar peluang bisnis yang mungkin akan menjadi tren di masa depan.

Inilah Yang Perlu Diketahui Tentang Apa Itu Seed Funding

Nah, sekarang #MamaTekno paling tidak sudah mengetahui gambaran secara umum tentang Apa itu Seed Funding. Saatnya melakukan aksi, mulai segera mencari peluang usaha bisnis online sekarang juga. Semoga selalu dimudahkan termasuk saat mencari investor yang bersedia membantu menanamkan modal usaha, ya.

Blogger Wanita. Menulis tidak hanya Senang. Tapi juga butuh. Menjadi sarana kebaikan berupa informasi bermanfaat, Adalah salah satu tujuan utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.