Hiburan

3 Cara Mudah Promosi Tempat Wisata

Sebagai #MamaTekno, apalagi termasuk yang beruntung sudah punya blog sendiri serta aset milenial digital pribadi lainnya, sebaiknya ikut punya peran saat di sekitar tempat tinggal ada destinasi wisata. Baik itu merupakan lokasi wisata baru, maupun yang sudah tersedia, namun belum banyak orang yang berkunjung. Berikut 3 Cara Mudah Promosi Tempat Wisata.

3 Cara Mudah Promosi Tempat Wisata
Ilustrasi seorang pria sedang menunjukkan suatu tempat wisata

1. Publikasikan di Blog

Apalagi jika destinasi wisata tersebut berada dekat dengan tempat tinggal sendiri, tentu akan sangat lebih memiliki kesempatan dan waktu untuk berkunjung saat senggang bahkan sembari mengajak beberapa anggota keluarga tercinta.

Saat berkunjung, jangan lupa perhatikan dan dokumentasikan fasilitas apa saja yang sekiranya bisa menjadi daya tarik orang lain agar ikut mau berkunjung ke tempat wisata tersebut. Kemudian ulas dengan membuat konten di blog sesuai pengalaman yang sudah dirasakan. Topik yang dibahas tak perlu terlalu sulit, semisal mencoba membahas tentang Lifestyle dan Traveling di dekat rumah.

Jika tersedia, sampaikan juga bagaimana cara mudah untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut. Bisa juga membantu memberikan arahan pilihan jalur terbaik menuju destinasi wisata tersebut saat pengunjung berangkat dari kotanya menggunakan moda transportasi pribadi maupun umum. Atau bisa juga memberikan informasi kapan waktu berkunjung terbaik bagi calon wisatawan yang ingin berkunjung.

2. Sebarkan Promosi Wisata di Social Media

Di era teknologi digital seperti sekarang ini, siapa yang tak mencari informasi dengan cara memanfaatkan internet online, bukan? Salah satunya adalah menggunakan akun media sosial populer seperti facebook, instagram, twitter dan tiktok.

Jadi, menyebarkan informasi destinasi melalui social media merupakan cara jitu untuk promosi. Entah kalau #MamaTekno, saya pribadi sih lebih suka melakukannya menggunakan akun Instagram. Mengapa demikian? karena model kontennya lebih inovatif serta inspiratif, seperti misalnya memanfaatkan fitur instagram story dan reel.

Agar lebih pas dan mengena, sebaiknya juga memperhatikan kapan waktu yang tepat saat akan posting promosi konten wisata di instagram, contohnya adalah seperti di bawah ini :

  • Saat menjelang hari libur akhir pekan. Karena biasanya, pada waktu tersebut akan mulai banyak yang mencari informasi terbaru tentang tujuan destinasi wisata.
  • Saat akan datang waktu liburan panjang. Contohnya adalah hari libur cuti perayaan hari besar, akhir tahun atau waktu libur khusus yang dapat dicari informasinya melalui informasi kalender yang berlaku.
  • Liburan sekolah. Ini bisa saja berbeda-beda untuk daerah tertentu. Jadi, pastikan mengetahui hari libur sekolah secara pasti terlebih dahulu, ya.

3. Gunakan fasilitas Google Local Guide sebagai sarana Tips Traveling

3 Cara Mudah Promosi Tempat Wisata yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi keren milik Google yang dapat dijadikan sebagai referensi Tips Traveling secara up to date. #MamaTekno sudah punya aplikasi Google Local Guide di smartphon kesayangan? Jika belum, yuk install dan daftar dulu sebagai agen local guide dengan cara mudah di bawah ini :

  1. Pastikan sudah login email google (gmail) pada smartphone yang akan digunakan untuk install aplikasinya
  2. Install aplikasi Google Maps. Atau biasanya sudah tersedia secara default jika menggunakan smartphone berbasis Android dengan versi terbaru.
  3. Mendaftar sebagai Google Local Guide. Lihat bagaimana cara mendaftar serta melakukan kontribusi sebagai local guide di halaman resmi bantuan google : https://support.google.com/maps/answer/6304221?hl=id_ID.
Gunakan fasilitas Google Local Guide sebagai sarana Tips Traveling
Tampilan Ketika Sudah Menjadi Google Local Guide

Jika semua tahapan mendaftar akun sebagai Google Local Guide sukses, maka tampilannya akan seperti gambar di atas.

3 Cara Mudah Promosi Tempat Wisata – Apa Untungnya?

Bicara keuntungan, tentu bergantung pada kebutuhan masing-masing, ya. Namun paling tidak ada dua kemungkinan profit yang akan didapat dengan ikut memiliki peran aktif dalam memublikasikan tempat wisata lokal setempat, yakni sebagai berikut :

1. Keuntungan bagi keseluruhan warga sekitar

Secara langsung, dengan banyaknya kunjungan ke tempat wisata yang berada di sekitar kita, otomatis akan membuat roda ekonomi akan dapat terbantu berjalan secara lebih dinamis. Akan banyak tersedia peluang usaha baru dan kemungkinan profitable sejenis lainnya.

2. Keuntungan Pribadi

Apalagi jika salah satu penyebab jadi ramainya tempat wisata tersebut adalah karena promosi yang kita lakukan, waaah.. tentu akan sangat senang sekali menjadi sarana kebaikan bagi sekitar, ya! Selain itu, kita sendiri juga bisa memiliki peluang yang sama dengan yang lain, seperti mencoba berjualan di area sekitar wisata, menawarkan jasa sewa kendaraan, penginapan dan lain sebagainya.

Nah, #MamaTekno sudah mencoba melakukan publikasi promosi untuk tempat wisata yang ada di sekitar rumahnya? Kalau belum, yuk sekalian dicoba ya… pilih cara paling mudah seperti yang telah disampaikan di atas tadi, ya…

Blogger perempuan. Mempublikasikan konten tentang Gaya Hidup, Bisnis, Kulineran, Parenting, Hiburan, Fashion, Beauty, Teknologi di Personal Blog NONI.web.id. Silahkan Hubungi : info@noni.web.id, untuk kerja sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *