Kuliner

5 Saran Tambahan Makanan Untuk Diare

5 Saran Tambahan Makanan Untuk Diare ini, diharapkan dapat membantu tubuh kita agar memiliki asupan gizi yang sesuai saat menderita sakit diare. Apa saja makanan tambahan tersebut? Berikut akan disampaikan informasi terkait makanan untuk diare.

Sebagai pengantar informasi, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang asupan gizi apa saja saja yang diperlukan oleh tubuh saat mengalami sakit diare, serta jenis makanan seperti apa yang dianjurkan bahkan menjadi pantangan untuk kita konsumsi.

5 Saran Tambahan Makanan Untuk Diare
Sakit Diare

Perhatikan Asupan Makanan Saat Awal Mengalami Diare

Dampak yang paling sering dan umum dialami oleh penderita sakit diare antara lain adalah :

  • Mengalami tinja encer, sering buang air besar,
  • Resiko kekurangan cairan tubuh secara cepat (dehidrasi),
  • Berkurangnya tenaga sehingga badan lebih sering terasa lemas.

Dari beberapa gejala akibat penyakit diare seperti tersampaikan di atas, maka paling tidak langkah pertama adalah tidak mengkonsumsi makanan yang justeru dapat menyebabkan resiko tersebut. Artinya, perlu diperhatikan tentang pantangan makanan dan minuman yang perlu dihindari saat kita mengalami diare.

Pantangan : Jangan Makan / Minum ini Saat DIARE

  1. Makan Sambal : jika Anda adalah termasuk penggemar makanan pedas, disarankan untuk tidak mengkonsumsi terlebih dahulu saat diare. Makanan pedas tersebut, tak terkecuali snack atau caminal dengan bumbu pedas, maupun sambal dengan cabai yang sedikit ataupun banyak, sebaiknya hentikan makan cabai saat diare.
  2. Minum Kopi : Bagi yang sudah menjadi kebiasaan minum kopi atau minuman mengandung kafein lainnya, ada baiknya dihentikan dulu, ya, karena faktanya, kandungan kafein dalam kadar tertentu dapat membuat tinja menjadi lebih encer serta lunak. Ini tentu akan semakin memperburuk saat kita harus beberapa kali buang air besar yang bercampur cairan.
  3. Makan Lalapan Mentah : Walaupun sepertinya makan sayur mentar itu segar, namun tidak demikian saat kita mengalami diare. Jika anda tak bisa makan tanpa sayuran, alngkah bijaksana jika sayur tersebut direbus terlebih dahulu saat sakit diare, agar lebih mudah dicerna oleh tubuh kita.

Saran Makanan Tambahan Saat Sakit Diare

Jangankan makanan khusus tambahkan, makanan yang umum kita konsumsi dalam keseharian saja kadang sulit kita makan saat mengalami sakit diare. Karena badan lemas, bahkan terkadang disertai pusing kepala, tentu akan berpengaruh terhadap napsu makan. Tapi Anda harus tetap berusaha agar tubuh mendapat asupan makanan yang cukup ya, termasuk makanan serta minuman tambahan seperti berikut ini.

5 Makanan Tambahan Yang Dapat Dikonsumsi Saat Diare
  1. Makan Makanan Berkuah : Ini bertujuan agar asupan cairan yang berkurang hebat saat diare dapat tercukupi selain dengan minum. Mudahnya, kita bisa konsumsi berupa sup hangat atau makanan yang diperbanyak dengan kaldu sebagai penambah cairan dan stamina tubuh.
  2. Konsumsi Makanan Tak Memiliki Rasa : Karena saat diare ada kemungkinan usus bekerja lebih berat dan bisa saja menjadikan iritasi, maka saran tambahan makanan lain saat diare adalah berupa makanan yang bersifat memiliki rasa hambar, antara lain : roti tawar tanpa rasa, sereal khusus diare, kentang yang direbus dan masih banyak lagi.
  3. Camilan Berupa Biskuit : Seperti yang disampaikan di atas, saat diare terkadang juga dapat berpengaruh pada napus makan, oleh karena itu, siapkan camilan tambahan yang bisa selalu anda konsumsi sebelum atau sesudah makan besar, seperti misalkan : biskuit atau camilan lain berbahan gandum.
  4. Minum Cairan Mengandung Elektrolit : Agar tubuh tidak menjadi terlalu lemas akibat banyak cairan yang dikeluarkan, sebagai antisipasinya kita perlu meminum minuman yang banyak mengandung isotonik dan elektrolit. Saat ini banyak tersedia minuman seperti ini, jadi tak sulit bagi kita untuk mengkonsumsinya.
  5. Makan dan Minum Probiotik : Sebagian besar riset menyampaikan bahwa mengkonsumsi makanan serta minuman yang mengandung probiotik ini, dapat segera membantu mengurangi dampak yang disebabkan oleh sakit diare hingga berkurang bahkan sembuh. Kandungan probiotik tinggi antara lain terkandung pada yoghurt dan kefir.

5 Saran Tambahan Makanan Untuk Diare

Informasi ini bukan berupa nasihat dari profesional medis. Hubungi tenaga medis terdekat jika sakit diare berlanjut.

disclosure

Semoga artikel tentang 5 Saran Tambahan Makanan Untuk Diare ini dapat menjadi manfaat bagi kita semua, terutama saat sedang mengalami gangguan sakit diare. Jangan anggap remeh diare, ya.. semoga kita semua tetap selalu dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin. Jangan lupa mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun.

Blogger wanita. Senang mencoba resep masakan, terutama makanan Indonesia. Sesekali nonton film, termasuk drama korea. Menerima pesanan kuliner homemade.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *