Teknologi

Cara Mudah Menerapkan SEO Saat Menulis Blog

Cara Mudah Menerapkan SEO Saat Menulis Blog Posting. Dari sekian banyak cara, NONI.web.id akan mencoba memberikan informasi sebanyak 5 tips saja, ya. Karena selama membuat konten di blog pribadi, baru terbiasa dengan kelima cara menerapkan SEO tersebut saat membuat artikel blog posting. Apa saja? Yuk.. baca terus sampai habis!.

Perlu dimaklumi sebelumnya, NONI.web.id bukanlah termasuk ahli dalam bidang Search Engine Optimation (SEO), jadi artikel ini sebatas pengalaman khusus di blog ini, saat harus membuat konten berupa artikel dengan kebutuhan SEO Friendly.

5 Cara Mudah Menerapkan Kaidah SEO di Blog

Cara Mudah Menerapkan SEO Saat Menulis Blog
Artikel Tentang Cara Mudah Menerapkan SEO Saat Menulis Blog

1. Tentukan Lokasi Server Hosting

Kita mulai dari awal aset ya. Sebenarnya paling awal adalah domain. Namun, nama domain tidak ada ketentuan khusus pada kaidah SEO untuk menentukan lokasi. Artinya, boleh menggunakan domain apa saja, seperti dotcom, dotnet, dotorg, dotwebdotid maupun dotID.

Jika konten di blog akan sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia dan target pengakses (pembaca blog), juga dari negara Indonesia, maka sebaiknya memilih layanan hosting yang memiliki lokasi server di Indonesia. Atau paling tidak lokasi server terdekat, seperti singapore dan malaysia. Bahkan jika perlu, lakukan perubahan pada setting bahasa jika menggunakan platform seperti wordpress.

Baca Artikel Tentang: Perempuan Harus Tahu Jasa Hosting Terbaik

Cara Mudah Menerapkan SEO Saat Menulis Blog — Lalu bagaimana jika menggunakan hosting yang kita tidak bisa melakukan setting secara langsung, seperti blogspot misalnya? Cobalah membuat alamat blog dengan menggunakan url dot co dot id yang sudah tersedia pada menu dashboard blogspot saat kita mendaftar akun blog pertama kali.

Atau, jika #MamaTekno sedikit menguasai bahasa program web html, maka menentukan lokasi bahasa untuk audiens dengan beberapa kode tambahan. Script html kodenya dapat dipelajari pada halaman HTML Language Code Reference.

2. Gunakan Tema Desain Yang Sudah Menerapkan kaidah SEO

Tips ini berlaku untuk semua desain, baik pada wordpress theme, template blogspot serta tema desain platform blog lainnya. Bagaimana cara menemukan theme/template yang sudah menerapkan kaidah SEO Friendly? Mudah, kok. Karena biasanya penyedia tema desain akan menyampaikan hal tersebut pada deskripsya.

Untuk mempermudah pencarian, bisa saja gunakan kata kunci ini sebagai referensi : “seo+responsive+theme“. Mengapa ini penting? Agar kita tidak kesulitan dan perlu waktu tambahan untuk melakukan seting mandiri agar tampilan bisa SEO Friendly.

Jadi, saat kita kedepan membutuhkan penyesuaian instan seperti menggunakan plugin tambahan, tema yang digunakan sudah dapat mendukung kebutuhan tersebut, termasuk juga tampilan yang ramah saat diakses menggunakan gadget/smartphone.

Sebagai informasi tambahan, NONI.web.id saat ini menggunakan Ashe WordPress Theme sebagai pilihan yang cocok untuk kebutuhan blog pribadi. Tak hanya itu, selain menunjang kebutuhan untuk optimasi yang mudah dari sisi SEO, tema Ashe ini Bisa digunakan sepenuhnya dengan page builder populer seperti Elementor, Beaver Builder, Visual Composer, SiteOrigin, Divi.  juga sudah mendukung beberapa kebutuhan umum, seperti beberapa hal menarik di bawah ini :

  • Cocok untuk blog dengan isi konten personal, gaya hidup, kesehatan, fitness, makanan, memasak, kue, travel, kecantikan, fashion, pernikahan, fotografi, bahkan situs berita.
  • Layout desain minimalis, elegan, mobile friendly (responsive design) dengan dukungan kemampuan dapat kompatibel untuk website toko menggunakan plugin WooCommerce.
  • Mudah disesuaikan, karena didukung dokumentasi lengkap dari penyedia theme.
  • Serta masih banyak fitur menarik lainnya.

3. Selalu Perhatikan Kualitas Konten

Konten di sini dapat diartikan seluruh isi pada blog, termasuk tulisan, gambar, halaman pendukung, struktur menu, judul, deskripsi konten hingga penempatan tautan atau link. Secara umum menurut kaidah konten SEO sederhana, patokannya adalah sebagai berikut ini :

  1. Usahakan jumlah karakter minimal pada sebuah konten tulisan dapat mencapai hingga 500an karakter. Semakin banyak karakter serta isi yang berkualitas, akan menjadikan sebuah halaman atau posting artikel memiliki waktu page views lebih lama. Ini akan menambah nilai positif di mesin pencarian populer.
  2. Jadikan blog memiliki beberapa halaman pendukung yang tepat, seperti profil, informasi kontak, kebijakan privasi, faq atau halaman sanggahan bilamana diperlukan.
  3. Optimalkan konten dapat diakses secara mudah dan cepat. Caranya adalah memaksimalkan ukuran file gambar agar tidak terlalu besar, kurangi penggunaan script dan minimalisir penggunaan video maupun audio. Jika memang diperlukan, dapat memanfaatkan layanan pihak ketiga seperti youtube atau soundcloud.

4. Manfaatkan Plugins Optimasi SEO On Page

Sebagai plugins optimasi tambahan untuk keperluan SEO On Page (biasa dikenal juga dengan istilah SEO on Site), noni.web.id saat ini masih nyaman menggunakan Rank Math versi Gratis. Ini tidak mutlak, ya.. Banyak kok tersedia beberapa plugins SEO populer yang dapat dipasang secara gratis, seperti: Yoast SEO, All in One SEO, The SEO Framework dan SEO Press.

Cara Memilih Plugins untuk Keperluan SEO On Page (Non Teknis)

  • Pilih yang menyediakan versi premium. Walaupun yang kita gunakan gratis, namun jika tersedia versi premium, biasanya developer plugin tersebut serius terhadap layanannya.
  • Populer digunakan. Cara mengetahuinya bisa dengan mengakses forum maupun komunitas blog, tanyakan kepada mereka, apa yang menjadi favorit kebanyakan orang di sana.
  • Sering update. Algoritma mesin pencarian sering mengalami perubahan, sebagai plugins SEO yang baik, pasti juga akan selalu menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Periksa riwayat update terakhir serta kapan terakhir diupdate melalui keterangan pada halaman website resminya.

5. Pertahankan Update Konten Blog Secara Berkala

Perlu dimengerti, mesin pencarian populer seperti google search lebih menyukai konten yang terupdate secara berkala. Semisal: setiap hari, seminggu sekali, bulanan atau bahkan setahun sekali. Bukannya konten yang dalam beberapa hari terakhir selalu update, namun sekian bulan tidak ada konten. Jadi, pastikan sesuaikan kemampuan waktu menulis update konten blog dengan waktu yang memang tersedia, ya.

Semisal #MamaTekno akan mencoba selalu update setiap hari kamis. Maka, usahakan pada waktu tersebut selalu ada postingan artikel. Jika terpaksa sedang tidak ada ide menulis, coba saja dengan memeriksa konten lama, kemudian sesuaikan kembali dengan cara audit konten tersebut.

Cara Mudah Menerapkan SEO Saat Menulis Blog – Praktis, Bukan?

Tidak sulit bukan cara menerapkannya? Artikel ini tentu bisa diterapkan pada blogger pemula hingga menengah dengan kemampuan teknis yang berbeda-beda. Selamat mencoba, semoga blog yang sedang dibangun sebagai alat personal branding maupun aset bisnis online dapat bermanfaat.

Punya pengalaman baru tentang Cara Mudah Menerapkan SEO Saat Menulis Blog? atau mungkin ingin melengkapi dengan pengalaman pribadi? Silahkan sampaikan pada kolom komentar yang sudah tersedia, terima kasih.

Blogger Wanita. Menulis tidak hanya Senang. Tapi juga butuh. Menjadi sarana kebaikan berupa informasi bermanfaat, Adalah salah satu tujuan utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.