Teknologi

2 Tips Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula

Ini merupakan pengalaman pribadi. Benar, di luar sana, bisa jadi kita menemukan berjilid-jilid panduan tentang bagaimana mengawali membangun blog yang baik hingga sukses. Namun setelah sekian waktu menikmati prosesnya, ternyata ada 2 Tips Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula yang wajib untuk dipersiapkan dan diperhatikan. Apa saja? Yuk.. mulai simak artikel informasi di bawah ini.

2 Tips Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula
Ngeblog itu, baik. 2 Tips Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula

1. Persiapkan Personal Branding Sesuai Kemampuan

Sebelum berlanjut lebih jauh, aku menyarankan untuk perihal personal branding ini perlu dipikirkan baik-baik, yah.. kenali diri sendiri, membuat blog dengan konten sesuai dengan keahlian sangat dianjurkan. Namun bagaimana kalau belum punya keahlian khusus? Ya.. paling tidak ada satu atau beberapa hal yang disukai, jadi nanti lebih mudah untuk mengikuti serta mengembangkannya.

Mengapa seperti itu? Karena sebagai sarana mengenalkan blog, nanti kita akan sangat erat selalu berdampingan dengan digital marketing. Apa itu? digital marketing adalah sebuah pola kegiatan secara terus-menerus yang dilakukan dengan tujuan memperkenalkan blog kita (promosi). Semisal menggunakan social media dan alat digital marketing sejenis lainnya.

2. Pilih Aset Digital Pendukung dari Sumber Terbaik dan Terpercaya

Jika diibaratkan seperti akan berperang, tentu kita perlu mempertimbangkan untuk melengkapi diri dengan alat tempur yang memadai. Paling tidak, sama dengan lawan atau pesaing lain yang sekiranya akan kita temukan.

Kedua hal tersebut merupakan gambaran secara umum terkait hal utama yang harus menjadi perhatian khusus sebelum mulai ngeblog. Tentu pertimbangan ini disampaikan bagi yang ingin blognya nanti tak sekedar hanya menjadi aset pribadi biasa ya. Namun lebih memiliki tujuan utama agar blognya bisa dijadikan sebagai aset bisnis pribadi yang menghasilkan uang.

Nah, agar lebih lengkap lagi dan menjadi manfaat. Bagaimana kalau sekarang kita lanjutkan mengulas tentang bagaimana cara agar Tips Menjadi Blogger Sukses untuk Pemula ini menjadi kenyataan. Simak terus sampai selesai, ya.

Cara Menjadi Blogger Sukses Bagi Pemula

Siapkan Tujuan Personal Branding

Seperti yang diulas sebelumnya secara sederhana, setelah menemukan apa yang menjadi keahlian atau paling tidak hal yang disukai, maka langkah selanjutnya adalah mencoba melakukan riset untuk menentukan topik bahasan utama (biasa dikenal dengan istilah: niche blog).

Sebagai contoh kecil saja, misalnya kita senang menggeluti dunia bisnis. Maka bisa saja membuat blog dengan isi konten yang membahas segala sesuatu tentang bisnis. Baik dalam skala kecil maupun besar, termasuk bagaimana cara memasarkan bisnis tersebut dengan memanfaatkan aset teknologi digital berupa website toko online.

Lalu, mengapa disarankan membuat blog sesuai dengan keahlian atau paling tidak berdasarkan sesuatu yang kita suka?

Begini, blog itu merupakan sebuah sarana informasi digital milik pribadi yang karakter khasnya adalah memiliki konten yang selalu diupdate secara berkala. Ingat, berkala ini juga bukan berarti kontennya banyak, ya.. namun lebih ke terjadwal update kontennya, misalnya seminggu sekali, sebulan sekali dan sebagainya.

Pilih Penyedia Jasa Aset Digital Profesional Sebagai Partner

Cara yang tak kalah penting selanjutnya untuk mempersiapkan agar menjadi blogger sukses bagi pemula adalah dalam hal menentukan layanan aset digital yang akan menjadi partner blog kita dalam jangka panjang.

Apa saja aset digital tersebut? Aset yang pasti harus dimiliki untuk menjadi blogger profesional ada 2 macam :

1. Domain / Nama Alamat Blog

Nama domain atau alamat blog yang akan digunakan pengakses informasi sebisa mungkin disesuaikan dengan topik/niche konten yang akan sering dimuat nantinya, ya. Jika konten tersebut kebanyakan merupakan informasi update dunia teknologi, maka sebisa mungkin menggunakan domain yang erat kaitannya dengan istilah berbau teknologi.

Domain Blog - 2 Tips Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula
Domain Populer Untuk Nama Blog — 2 Tips Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula

Mengapa demikian? hal ini biasanya akan lebih memudahkan dalam urusan membuat konten nantinya, terkecuali jika blog yang dibuat akan berisi konten dengan ragam topik pembahasan, seperti teknologi, gaya hidup dan pendidikan. Maka, pemilihan nama domain tersebut dapat disesuaikan dengan salah satu topik atau mewakili secara keseluruhan.

Agar mempercepat proses dalam menemukan nama domain yang tepat, kita bisa memanfaatkan fasilitas cek domain di Niagahoster untuk mencari nama domain apa yang masih tersedia untuk dijadikan sebagai alamat blog kita.

2. Tempat Penyimpanan Data Digital

Dalam dunia informasi digital teknologi dan blog, tempat penyimpanan data digital ini disebut dengan istilah populer : Hosting, WebHosting, Bloghosting atau WordPresshosting Pernah dengar? Ada beberapa kriteria penting yang perlu juga diperhatikan saat ingin menentukan dan membeli layanan penyimpanan dari provider hosting, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pilih layanan hosting yang memiliki banyak paket pilihan
  • Pilih layanan hosting yang juga memiliki fitur pendaftaran domain sekaligus
  • Pastikan layanan hosting tersebut menyediakan layanan bantuan 24 jam
Web Hosting Provider - 2 Tips Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula
Pastikan Memilih Web Hosting Terbaik — 2 Tips Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula

Waduh.. aku baru nih, hampir tidak tahu informasi update tentang layanan hosting domain seperti yang disarankan di atas! Tenang, aku ada bocorannya, kok! Provider yang dimaksud sudah lengkap memiliki saran pelayanan tersebut adalah hosting niagahoster, yang dapat diakses melalui website resminya di https://www.niagahoster.co.id.

Isi Blog Dengan Konten Menarik dan Bermanfaat

Naaah.. semakin kesini makin kelihatan kan arahnya mengapa sedari awal tadi, bahkan pada artikel 2 Tips Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula ini aku beberapa kali menekankan perihal personal branding?

Coba saja bayangkan, betapa sulitnya jika kita belum menjadi ahli dalam satu hal bahkan sama sekali tidak suka. Bagaimana kita mau menyampaikan sesuatu informasi yang baik dan menarik, kalau suka aja engga, benar, bukan? Jadi pastikan beberapa hal ini akan saling mendukung serta memudahkan nantinya, ya.

Artinya, setelah kita punya partner sebagai penyedia layanan domain dan hosting yang bagus, jika disertai dengan kemudahan kita dalam melakukan update posting blog menarik, sudah tentu ini akan menjadi alat tempur yang siap merajalela menjadi alat penghasilan kita sebagai narablog profesional.

2 Tips Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula – Kesimpulan

Jadi, sebenarnya tidak sulit untuk menjadi seorang blogger pemula yang sukses. Asalkan, diawali dengan keseriusan termasuk serius menyediakan waktu untuk update konten di blog. Perlu diingat, konten adalah raja (content is king), begitu menurut para narablog yang sudah lebih dulu sukses.

Informasi 2 Tips Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula ini tidak terlalu teknis sebenarnya, namun memang sebagai pelengkap, ada beberapa hal teknis yang nantinya akan ditemukan saat semakin intens mengelola blog. Apalagi, jika sudah mulai menuai hasil baik rupiah maupun dolar. Namun tak perlu risau, karena hal-hal teknis tersebut bisa kita pelajari sembari berjalan dan berproses di level berikutnya.

Faktanya, beberapa peluang yang nanti akan didapatkan oleh seorang blogger antara lain, seperti : job review, kerja sama backlink, program afiliasi dan peluang sejenis lainnya, biasanya disertai dengan permintaan khusus terkait trafik kunjungan dan nilai kualitas blog lainnya. Nah, untuk mencapai peringkat tersebut nantinya, kita membutuhkan beberapa penyesuaian seperti :

  1. Belajar SEO (Search Engine Optimation), diperlukan untuk tetap berada pada peringkat tertentu di mesin pencarian, hal ini juga akan membantu mendatangkan peluang kerja sama dari pelaku usaha maupun bisnis yang membutuhkan promosi online.
  2. Belajar Basic Digital Marketing, seorang blogger, biasanya akan berkembang menjadi konten kreator, penulis artikel di media hingga melebarkan sayap dengan cara jualan online. Nah, memahami lebih jauh ilmu digital marketing, tentu akan menjadi modal baru dalam membuat penghasilannya terus berkembang.

Jadi, sudah siap mengembangkan potensi diri dan mendapatkan penghasilan dengan cara menjadi blogger? Semoga informasi ini dapat membantu sebagai referensi untuk meraih tujuan tersebut, ya. Terima kasih sudah berkunjung, silahkan isi kolom komentar jika memiliki pengalaman bermanfaat lain tentang Menjadi Blogger Pemula Yang Sukses.

Blogger Wanita. Menulis tidak hanya Senang. Tapi juga butuh. Menjadi sarana kebaikan berupa informasi bermanfaat, Adalah salah satu tujuan utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.