Parenting

Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak

Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak. Saat berkunjung ke rumah tetangga, saya tak sengaja sempat mendengar sebuah percakapan seperti ini : “Bu…!! ini lho ada berita kalau artis terkenal itu meninggal dunia!”, teriak si Anak dari dalam ruang tengah. “Kamu liat di mana, nak?”, tanya Ibunya. “Di situs berita populer, Bu!”, jawab Anaknya.

Karena mungkin penasaran, si Ibu kemudian pamit sebentar untuk memastikan. Saya sendiri jadi ikutan penasaran, lalu saya coba mencari berita tersebut sambil menunggu tetangga saya kembali ke ruang tamu.

Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak
Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak — NONI.web.id

Setelah saya temukan, saya geleng-geleng kepala sambil bergumam dalam hati, ya ampun.. ternyata judul beritanya memang benar tentang kabar duka dengan kata-kata “…Meninggal dunia”. Namun, setelah diklik, sebenarnya judul panjangnya adalah “Apa Wasiat Artis Terkenal Setelah Ia Meninggal Dunia?”. Luar biasa, bukan? Lalu saya tak sabar menunggu Ibu dari Anak tersebut kembali, agar saya dapat menjelaskan bahwa si Anak tidak lengkap membaca beritanya.

Sejauh Mana Pentingnya Literasi Digital Untuk Anak?

Anak zaman sekarang, sebagai generasi milenial, sudah dapat dipastikan mereka akan amat sangat berinteraksi langsung dengan alat serta media digital. Seperti smartphone, misalnya. Di era pandemi ini, bahkan pendidikan dilakukan secara daring. Didampingi atau tidak saat mereka menggunakan alat digital, sudah sebaiknya Orangtua mulai mengenalkan Literasi Digital sejak dini, kepada Anak.

Literasi Digital, kedepan akan menjadi paradigma dalam pola perilaku yang mendasar untuk pengetahuan serta kecakapan dalam menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan teknologi internet dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, bahkan memanfaatkannya. Jadi, membangun pemahaman tentang Literasi Digital sejak mereka masih anak-anak, merupakan suatu hal yang tak boleh kita abaikan sebagai Orangtua.

Dukungan Pemerintah Untuk Literasi Digital Anak

Hal tersebut di atas, bahkan sejalan dengan program pemerintah Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika. Seperti yang dilansir pada situs resmi kominfo, Menteri Bintang menjelaskan dalam Festival Aman: You(th) Can Create A Better Internet For Children and Young People yang berlangsung virtual dari Jakarta, Minggu (18/07/2021).

Agar tidak terjebak dalam sisi buruknya, kalian harus menjadi pengguna yang pintar dan bijaksana“. Carilah sumber-sumber berita yang aktual dan dapat dipertanggung jawabkan, diantaranya kalian bisa mencari informasi dari media sosial lembaga-lembaga pemerintahan. Bertanyalah pada orang tua atau guru kalian bila ada akun yang mencurigakan di sosial media kalian.

Cara Mudah Mengenalkan Anak Literasi Digital

Saya sebut mudah, artinya dapat dilakukan dalam keseharian saat waktu senggang bersama Anak. Agar “me time” saat bermain dengan buah hati tercinta, dapat lebih menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat, termasuk untuk masa depannya. Berikut adalah beberapa Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak secara sederhana :

3 Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak

3 Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak

Total Time: 7 menit

1. Berikan Pengertian Tentang Alat Digital

Ini sangat penting dilakukan pertama kali. Tidak semua alat digital adalah “milik mereka”. Pastikan Anak berkenalan serta menggunakan sarana digital baik berupa alat komunikasi maupun media visual yang sesuai dengan usia serta peruntukkannya. Contoh : Jelaskan pada mereka, bahwa Smartphone bagi usia tertentu, digunakan sebagai alat kerja, alat komunikasi penting. Bukan sebagai alat bermain.

2. Pilih Saluran Media Digital Terbaik

Hal kedua yang akan berpengaruh sangat penting adalah media digital. Sebagai Orangtua, kita juga wajib selalu update diri sendiri terkait saluran-saluran media digital yang sedang populer. Bila perlu, ajaklah sesekali untuk melihat saluran media digital terbaik pilihan Anda. Ini akan bermanfaat sebagai contoh bagi anak, juga sebagai kontrol agar mereka terbiasa memilih media digital yang sesuai untuk kebutuhannya.

3. Terapkan Prinsip “Sharing is Important Things”

Karena berbagi itu penting, bahkan dapat memiliki pengaruh besar terhadap diri sendiri dan orang lain, maka pastikan menerapkan pola pikir anak bahwa menerima informasi digital itu sangat mudah, bahkan tak terbatas.

Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak — Untuk itu, terapkan selalu agar memeriksa kebenaran informasi, tidak asal membagikan, kalau perlu tanyakan lebih dulu kepada orangtua, apakah informasi tersebut benar, baik, serta dapat dipertanggung jawabkan validasinya, baik isi konten maupun sumber informasinya.

Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak

Paling tidak, jika pola dasar sosialisasi Literasi Digital seperti 3 hal di atas dapat dilakukan secara maksimal. Pengaruh era digital bagi anak, tentu akan dapat terkontrol lebih baik lagi. Terutama dapat terhindar secara maksimal dari hal-hal yang berbau hoax serta pengaruh buruk lainnya.

Beberapa cara lain agar anak dapat dengan mudah mengenal literasi digital adalah menyesuaikan dengan dunianya. Kita semua memahami bahwa dunia anak erat dengan dunia bermain. Lalu mengapa tidak kita gunakan sebagai cara jitu agar anak dapat lebih mengenal manfaat literasi digital? Berikut adalah Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak dapat dilakukan dengan mudah, di rumah :

Kenalkan Dengan Cara Bermain Game Online

Sebagian Orangtua, mungkin saja ada yang tidak terlalu suka main game. Namun, demi anak, apalagi ini menyangkut masa depan, tentu Anda mau menyempatkan sesekali menemani bahkan menyarankan sebuah permainan game edukasi kepada anak, bukan?

Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak — Saat ini, tak sedikit kok game online khusus untuk anak yang justeru dapat membantu hal baik muncul dengan mudah, seperti misalnya: imajinasi, daya kreatifitas, kemampuan menyelesaikan suatu masalah dengan baik, serta manfaat baik lainnya. Kok bisa? Mari saya beri contoh salah satu game yang saya mainkan bersama anak-anak melalui internet.

Bunniculas Kaotic Kitchen

Game menarik ini, merupakan salah satu koleksi game yang bersifat educational untuk Anak. Permainan masak-masakan ini tersedia secara online pada situs plays.org.

Game Online Edukasi Anak -  Bunniculas Kaotic Kitchen
Game Online Edukasi Anak – Bunniculas Kaotic Kitchen

Cara bermain game edukasi online ini juga cukup mudah. Cukup kunjungi halaman website game dari browser laptop maupun dari smartphone, tekan ikon tanda mulai bermain, kemudian ikuti petunjuk permainan yang sudah tersedia.

Selain mudah memainkannya, game ini juga memiliki beberapa manfaat baik, antara lain adalah :

  • Membantu mengenal bahan makanan sehari-hari,
  • Dapat meningkatkan daya ingat serta kreatifitas anak,
  • Melatih kesabaran,
  • Memicu anak agar memiliki keinginan untuk belajar memasak,
  • Dan masih banyak manfaat lainnya.
Game Edukasi Memasak Online Yang Menyenangkan
Game Edukasi Memasak Online Yang Menyenangkan

Menariknya, game ini menggunakan karakter aneka satwa. Jadi, Orangtua tak perlu khawatir si Anak akan menemukan gambar dewasa yang tidak pantas. Penasaran untuk mencobanya? Silahkan tekan tombol di bawah ini, ya.

Oh iya, selain tersedia game yang berhubungan dengan edukasi keseharian, pada website game online ini juga tersedia permainan edukatif lainnya, lho. Seperti : berhitung, belajar mewarnai, gambar animasi hingga game dengan fitur petualangan. Pasti membuat anak, senang.

Kenalkan Dengan Cara Menonton

Menonton tidak hanya film, lho. Bisa juga melihat tayangan berita yang sekiranya dibutuhkan oleh Anak, nonton kisah inspiratif seperti kisah para pemimpin dan tayangan bermanfaat sejenis lainnya. Pada saat menonton, sebaiknya memang selalu didampingi, tujuannya agar selama tayangan berlangsung, kita bisa sekalian memberikan tambahan nasihat maupun menyampaikan pesan moral kepada Anak.

Nah, semoga artikel tentang bagaimana Cara Sederhana Kenalkan Literasi Digital Pada Anak ini dapat membantu sebagai inspirasi atau bahkan menjadi salah satu referensi, ya. Semoga bermanfaat, terutama untuk Ayah Bunda Indonesia. Selamat mencoba.

Blogger Wanita. Menulis tidak hanya Senang. Tapi juga butuh. Menjadi sarana kebaikan berupa informasi bermanfaat, Adalah salah satu tujuan utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *