Personal

Pernah Mengalami Knalpot Mobil Bocor? Kenali Ciri-Cirinya Di bawah Ini

Mobil bisa melaju dengan kecepatan tertentu karena adanya kerjasama antara komponen utama seperti mesin dengan komponen pendukung lainnya. Tak terkecuali kondisi knalpot yang harus selalu prima dan tidak mengalami kebocoran. Pernah Mengalami Knalpot Mobil Bocor? Kenali ciri-ciri knalpot mobil bocor dengan membaca artikel ini.

Jika ada kerusakan pada komponen utama misalkan mesin maka membuat kendaraan tidak menyala dan komponen pendukung tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Tetapi jika komponen mesin menyala tetapi ada komponen pendukung yang bermasalah maka kendaraan tetap bisa melaju tetapi mengurangi kenyamanan baik bagi pengendara maupun penumpang yang ikut di dalam mobil.

Ada salah satu komponen pendukung yang letaknya berada di belakang dan terkadang diabaikan oleh pemilik kendaraan yaitu komponen knalpot. Padahal secara fungsinya termasuk penting yaitu menjadi tempat untuk membuat hasil pembakaran yang berasal dari mesin.

Kenali 4 Ciri-ciri Knalpot Mobil Bocor
Polusi Udara di Jalan Raya Akibat Knalpot Mobil Bocor

Selain sebagai area pembuangan, knalpot ini juga berfungsi sebagai peredam kebisingan yang terjadi di bagian mesin. Sekalipun fungsinya hanya sebagai pembuangan tetapi tetap saja harus diperhatikan kondisinya setiap saat.

Jika knalpot bermasalah maka akan langsung berpengaruh terhadap komponen otomotif lainnya termasuk pada mesin, jadi jangan pernah mengabaikan kondisi komponen ini. Apalagi jika sampai terjadi kebocoran pada knalpot maka bisa mengganggu kinerja, untuk lebih jelas maka kenali ciri-cirinya berikut ini.

1. Oli masuk ke dalam area pembakaran

Jika knalpot mengeluarkan asap hitam dan basah maka kemungkinan terjadi masalah bocor pada knalpot karena oli masuk ke dalam area pembakaran. Sebaiknya langsung saja cek kadar oli, jika oli cepat habis atau berkurang maka bisa dipastikan bahwa adanya kebocoran di bagian knalpot.

2. Bahan bakar akan lebih boros

Jika terjadi knalpot bocor dan oli mesin akan terus berkurang maka membuat kerja mesin harus ekstra yang membuat bahan bakar jadi lebih boros dibanding dalam keadaan normal. Jadi kondisi kebocoran ini harus segera ditangani karena bukan hanya oli yang akan habis tetapi juga bahan bakar sehingga harus mengeluarkan uang tambahan untuk beli bensin.

3. Ciri-ciri Knalpot Mobil Bocor Selanjutnya adalah Mesin terdengar bising

Pengaruh lainnya saat knalpot bermasalah adalah akan terdengar kebisingan pada area sekitar mesin yang memang berasal dari knalpot yang mengalami kebocoran. Jika suara bising sudah pasti berasal dari ciri-ciri knalpot mobil bocor, maka jangan ditunda lagi untuk menuju bengkel agar secepatnya diperbaiki dan tidak merusak komponen yang lainnya.

4. Ada bau di dalam mobil

Jika tiba-tiba terdapat bau yang cukup menyengat di dalam mobil maka bisa terjadi karena knalpot yang bocor. Bau tersebut terjadi karena adanya rembesan dari area yang bocor sehingga harus segera ditangani sebelum menggangu kenyamanan dalam kabin.

Itulah ciri-ciri knalpot mobil bocor yang berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara, biasanya banyak orang menjual kendaraan karena adanya kerusakan pada knalpot, salah satunya terjadi kebocoran.

Selain akan membuat tidak nyaman bagi penumpang yang berada dalam mobil, adanya kebocoran pada knalpot ini juga dapat mengakibatkan kerugian bagi orang lain di sekitar. Seperti polusi udara yang dihasilkan. Hal seperti ini tentu perlu dihindari.

Untuk menghilangkan rasa khawatir beli mobil bekas Bandung dan Kota di Jawa Barat lainnya dengan knalpot bermasalah maka bisa mempercayakan kegiatan jual beli sekaligus tukar tambah hanya di mobbi. Platform yang dulunya bernama mo88i ini dibuat dengan teknologi canggih kemudian dilengkapi dengan fitur untuk para pembeli dan penjual kendaraan bekas, coba mobbi sekarang.

Blogger perempuan. Mempublikasikan konten tentang Gaya Hidup, Bisnis, Kulineran, Parenting, Hiburan, Fashion, Beauty, Teknologi di Personal Blog NONI.web.id. Silahkan Hubungi : info@noni.web.id, untuk kerja sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *