Bisnis

Menjadikan Skill Pribadi Sebagai Potensi Peluang Usaha 2021

Menjadikan Skill Pribadi Sebagai Potensi Peluang Usaha, ini kadang tak kita sadari. Alih-alih kita sibuk mencari referensi dari luar, terkadang kita tak menyadari bahwa ada kemampuan tersembunyi pada diri kita yang dapat dijadikan sebagai potensi peluang usaha mandiri, baik offline maupun online. Saya sendiri memiliki potensi usaha di bidang kuliner.

Sebelum berlanjut, coba #MamaTekno berhenti membaca sejenak, bayangkan.. kemampuan apa yang bisa dijadikan sebagai potensi untuk memulai usaha baru di tahun 2021 dan tahun-tahun mendatang. Semoga ketemu idenya ya.. 🙂

Menjadikan Skill Pribadi Sebagai Potensi Peluang Usaha 2021
Saat Menyelesaikan Pesanan Nasi Tumpeng Ulangtahun

Kenali Potensi Pribadi, Jadikan Sebagai Peluang Usaha.

Saya lanjut ceritanya, ya… Saya sendiri awalnya mengetahui ‘potensi tersembunyi’ justeru secara tidak sengaja. Dulu, saya memang senang mencoba resep kuliner baru. Tak hanya makanan, namun juga termasuk kue, snack, jajanan, bahkan minuman dengan kombinasi bahan khusus, seperti teh bunga telang, misalnya.

Dan atas dukungan serta izin suami, saya mulai mencoba untuk tak sekedar menjadi hidangan di rumah bersama keluarga. Saya mulai menawarkannya secara online di status whatsapp. Alhamdulillaah, pesanan datang dari keluarga dan teman.

Martani Kuliner
Martani Kuliner Jogja

Kondisi ini akhirnya menjadi ide buat saya untuk melanjutkan berjualan kuliner secara online. Saya awali dengan mempostingnya di blog ini dan juga saya membuat sebuah website khusus untuk jualan kuliner yang dapat diakses menggunalan alamat MartaniKuliner.web.id.

3 Peluang Usaha Online di Tahun 2021. #MamaTekno Bisa Coba!

Kalau saya sendiri kebetulan memiliki kemampuan di bidang kuliner, #mamatekno pasti juga punya dong!. Berikut adalah peluang usaha yang bisa dicoba oleh siapa saja, termasuk #mamatekno!.

1. Bisnis Dropship Baju Online

Kalau masalah model pakaian, tren fashion, pasti #mamatekno sudah menjadi ahli secara otomatis, setuju kan? 🙂 Nah.. jadikan saja itu sebagai modal sebagai peluang usaha. Tak bisa menjahit juga tak masalah, saat ini banyak produsen baju pria, wanita, anak yang bisa kita jual kembali secara online dengan margin keuntungan yang masih cukup bersaing.

2. Ikut Program Afiliasi

Sebenarnya cara bisnis online ini hampir mirip dengan dropship. Hanya saja, untuk afiliasi tidak melulu menjual produk fisik, namun bisa berupa layanan jasa dan produk non-fisik lainnya. Program Afiliasi Terbaik biasanya menyediakan fee berupa bonus penjualan beragam, mulai dari 15% hingga 75%. Menarik bukan?

3. Menulis Resep Masakan Khas

Nah, peluang usaha online nomor tiga ini sebenarnya adalah keinginan Hariyanti Personal Blog yang masih terpendam 🙂 Do’akan ya.. semoga segera terlaksana. #MamaTekno juga boleh mencobanya lho.. dengan cara membuat blog resep online. Jika sudah banyak yang suka, kita bisa menjual resep khusus masakan khas Indonesia, misalnya.

Menjadikan Skill Pribadi Sebagai Potensi Peluang Usaha 2021. Go Online!

Kenapa harus ONLINE? #MamaTekno tahu dong, era industri 5.0 seperti sekarang ini, menuntut kita semua untuk menyesuaikan segala kemudahan kemajuan teknologi.

Hampir semua orang punya gadget sendiri, yang digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk membeli produk dan jasa. Go Online, merupakan ikhtiar yang harus segera kita lakukan agar tak tertinggal.

Awali Dengan Memiliki Website Pribadi

Tak sulit dan enggak mahal kok!. #MamaTekno punya akun sosial media kan? Nah, semudah itu juga saat kita akan memulai membangun sebuah website. Memilih nama, mendaftarkan nama, mengisi konten. Hampir mirip seperti membuat akun facebook!. Gak percaya? Berikut saya coba berbagi cara mudah Membuat Website untuk jualan ya.

Pilih Nama Usaha Yang Cocok

Seperti sudah ceritakan di atas, saya memilih nama usaha untuk dijadikan sebagai alamat website dengan nama sendiri (silahkan #MamaTekno Ulangi Membaca, jika lupa). Dalam dunia IT, nama ini dikenal dengan sebutan domain. Contoh nama domain: MamaTekno.com.

Cari Layanan Aset Bisnis Online Terbaik

Setelah #MamaTekno memiliki nama usaha yang akan dijadikan sebagai alamat website jualan online. Saatnya mencari partner layanan untuk membangun sebuah online shop. Dalam dunia IT, layanan ini dikenal dengan sebutan Hosting Provider.

Kembangkan Bisnis Online Anda Bersama Exabytes
Kembangkan Bisnis Online Anda Bersama Exabytes

Untuk kebutuhan ini, #MamaTekno dapat memanfaatkan Layanan Profesional Exabytes Indonesia, dengan salah satu produk unggulannya : Beli Hosting Gratis Domain.

Saatnya Mulai Membuat Website

Anggap saja singkat cerita saat ini #MamaTekno sudah memiliki domain dan hosting sebagai aset utama untuk menjalan bisnis online. Jika masih belum atau membutuhkan bantuan, silahkan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini ya.

Selanjutnya kita akan mulai membuat sebuah website online shop menggunakan wordpress. Apa itu wordpress? #MamaTekno nanti bisa melengkapi pengetahuan wordpress dengan mengakses halaman wikipedia ini ya. Sekarang kita coba yuk..

Oh, iya.. jangan lupa sembari membuka website exabytes.co.id ya mam, karena mulai sekarang, kita akan bertemu beberapa istilah teknis yang mungkin #mamatekno belum kenali sebelumnya. Jadi, jika ada kesulitan, bisa sambil bertanya melalui layanan support exabytes yang selalu siap membantu dengan sigap.

Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

Perkiraan Waktu: 10 menit

Login ke cPanel Hosting Exabytes

Login ke cPanel Hosting Exabytes

Informasi login cPanel akan #MamaTekno dapatkan melalui email setelah sukses membeli paket layanan hosting di exabytes.

Gunakan Aplikasi Softaculous

Gunakan Aplikasi Softaculous

Cari Menu Software. Temukan Aplikasi dengan nama Softaculous. Kemudian pilih WordPress. Tekan tombol Install Now untuk melanjutkan proses instalasi wordpress.

Login ke Dashboard Admin

Wordpress Admin Dashboard Login

Setelah sukses install wordpress, biasanya akan ditampilkan informasi alamat url login, username serta password. Simpan Data Tersebut. Karena akan terus digunakan termasuk saat mengelola website nantinya.

Mudah bukan? Setelah melalui proses membuat website menggunakan wordpress diatas dengan sukses, saat ini #MamaTekno sudah memiliki sebuah website yang selanjutnya bisa dimodifikasi menjadi sebuah e-commerce untuk memasarkan produk jualan online. Wow.. Keren!.

Mengisi Konten Website

Ini adalah tahapan lanjutan. Jika #MamaTekno sudah cukup lelah, sebaiknya take a rest dulu, mam. Simpan halaman artikel ini dengan cara menekan tombol ctrl plus D pada laptop, atau tekan menu bookmark jika menggunakan perangkat lain seperti smartphone.

Namun jika kondisi sedang Oke, kita lanjutkan yah.. Untuk keperluan khusus website jualan online, yang dimaksud dengan “Mengisi Konten Website” di sini adalah mencakup :

  • Upload produk yang akan dijual online,
  • Posting informasi, bisa berupa artikel, program diskon dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Yup.. hanya dua poin di atas tersebut yang sangat penting untuk diperhatikan serta selalu diupdate secara berkala. Lalu bagaimana dengan tampilan website atau aplikasi pendukung lainnya?

Tenang, inilah untungnya jika #MamaTekno menggunakan Exabytes. Semua panduan tersedia lengkap, termasuk bagaimana melengkapi sistem toko online website kita dengan aplikasi woocommerce yang tutorial lengkapnya dapat diakses pada halaman : Memulai Toko Online dengan WooCommerce bersama Exabytes.

Sekali lagi, jika #MamaTekno mengalami kesulitan dalam memahami informasi ini, silahkan gunakan kolom komentar.

Menjadikan Skill Pribadi Sebagai Potensi Peluang Usaha 2021

Sementara sampai di sini dulu ya mam, semoga informasi tentang Menjadikan Skill Pribadi Sebagai Potensi Peluang Usaha 2021 ini dapat berguna bagi #MamaTekno beserta keluarga.

Kredit & Disclosure
  1. Artikel Menjadikan Skill Pribadi Sebagai Potensi Peluang Usaha 2021 ini diikutsertakan dalam ajang Exabytes Blog Competition Season #2 dengan tema utama “Peluang Usaha Online di Tahun 2021“.
  2. Konten pendukung berupa gambar pada artikel Menjadikan Skill Pribadi Sebagai Potensi Peluang Usaha 2021 ini merupakan properti Hariyanti Personal Blog dan beberapa diambil dari sumber: Google Image serta Website Exabytes.
  3. Semua konten pada tulisan Menjadikan Skill Pribadi Sebagai Potensi Peluang Usaha 2021, bukan merupakan satu-satunya narasi profesional dengan tujuan pasti untuk mendapatkan penghasilan melalui jalur bisnis.

Terima kasih telah membaca Konten Menjadikan Skill Pribadi Sebagai Potensi Peluang Usaha 2021 dari awal hingga akhir melalui halaman website pribadi NONI.web.id.

Menjadikan Skill Pribadi Sebagai Potensi Peluang Usaha 2021

Blogger wanita. Senang mencoba resep masakan, terutama makanan Indonesia. Sesekali nonton film, termasuk drama korea. Menerima pesanan kuliner homemade.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *