Peran Strategis Ahli Farmasi sangat Dibutuhkan untuk Menuju Indonesia Maju dan Sejahtera

Menuju Indonesia maju dan sejahtera di masa yang akan datang sangat dibutuhkan peran strategis ahli farmasi. Setelah beberapa tahun yang lalu Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 yang sangat mencekam.

Perlahan Indonesia kembali pulih dan mampu menjadi negara yang maju dan sejahtera. Adapun salah satu peran kunci yang dapat menjadikan Indonesia maju dan sejahtera adalah para ahli dalam bidang kefarmasian.

Baik industri farmasi maupun tenaga kerja farmasi dinilai sangat berperan strategis dan krusial dalam upaya mengatasi pandemi, khususnya untuk produksi dan distribusi obat-obatan serta penggunaan vaksin dalam penanganan dan mitigasi Covid.

Dengan pengalaman dan fenomena kemarin itu, maka dipastikan bahwa tenaga kerja farmasi yang berkualitas akan terus dibutuhkan, hal tersebut menjadikan para lulusan ilmu farmasi memilki prospek kerja yang sangat baik dan semakin luas.

Program studi maupun jurusan ilmu farmasi saat ini menjadi incaran dan digandrungi para calon mahasiswa yang ingin berkicumpung di dunia medis dan menjadi bagian dari kesatuan tenaga kesehatan Indonesia.

Perlu kita ketahui bahwa ilmu farmasi bukan sekedar mempelajari cara dan teknologi pembuatan obat-obatan saja, ilmu farmasi juga mempelajari cara penyimpanan, penyediaan, dan penyalurannya.

Mahasiswa farmasi juga akan mempelajari senyawa dan sintesis obat, mekudian meraciknya menjadi obat yang layak dan aman untuk dikonsumsi.

Farmasi juga berhubungan erta dengan penyebab penyait, serta obat yang pas untuk menanganinya. Oleh karena itu, cara kerja obat dalam tubuh akan dipelajari secara detail.

Oleh karena itu bukan hanya belajar secara teori saja, mahasiswa farmasi akan banyak melakukan kegiatan praktik atau praktikum di laboratorium untuk mercik obat.

Sekarang ini proram stufi farmasi terbaik di Indonesia yang kerap menjadi incaran para mahasiswa baru adalah program studi farmasi. Pasalnya karena perguruan tinggi terbaik memiliki jurusan dan program studi ilmu-ilmu kesehatan terlengkap.

Ahli farmasi atau apoteker memiliki peran yang sangat krusial dalam pejnagaan mutu dan integritas obat. Apoteker juga bertanggung jawab untuk memastikan setiap tahap dalam distribusi obat berjalan sesuai dengan standar CDOB dan memastikan  obat diterima masyarakat dengan aman dan efektif. Dan tidak kalah penting apoteker juga memiliki peran dalam mencegah penyimpanan obat ke jalur illegal.

Untuk informasi lebih lanjut dan selengkapnya mengenai ahli farmasi dan ahli kesehatan, juga apa saja program-programnya yang menarik, Anda bisa kunjungi situs resmi PAFI cabang yang ada di seluruh wilayah Indonesia, dan salah satunya adalah https://pafiniasselatan.org/

Konten ini bermanfaat?

Yuk.. kasih bintang!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai posting ini.

Kami mohon maaf bahwa posting ini tidak berguna untuk Anda!

Mari kita tingkatkan postingan ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan postingan ini?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *