Fashion

3 Jenis Bahan Kain Yang Mudah Cara Merawatnya

3 Jenis Bahan Kain Yang Mudah Cara Merawatnya. #MamaTekno pasti punya banyak dong koleksi kainnya. Ada yang berasal dari kado pernikahan, kenang-kenangan dari kolega, diberi oleh keluarga dekat atau mungkin masih memiliki kain pemberian khusus dari si dia? Waah.. kalau ini pastinya masih tersimpan lengkap beserta kenangan manisnya dong, ya! hihihi.

Bukan bermaksud untuk menyarankan terlalu perfeksionis dalam hal memilih kain, apalagi pemberian dari orang lain. Masa iya, kita menentukan kain apa yang harus diberikan, tidak mungkin bukan?

3 Jenis Bahan Kain Yang Mudah Cara Merawatnya
Gambar Aneka Jenis Warna Kain oleh Pixabay

Namun paling tidak, pada artikel ini, NONI.web.id akan berbagi informasi tentang jenis bahan kain apa saja yang paling mudah dalam cara perawatannya.

Dengan demikian, tentu kain tersebut akan menjadi lebih awet untuk dijadikan sebagai koleksi. Karena mudah merawatnya, maka dapat dilakukan sesering mungkin dan kapan saja. Iya, bukan? Nah.. berikut adalah 3 Jenis Bahan Kain Yang Mudah Cara Merawatnya :

1. Kain Sutra

Waaah.. kita langsung saja dengan salah satu kain yang terkenal bagus dan banyak yang suka ya, termasuk #MamaTekno, bukan?

Punya koleksi jenis kain berbahan sutra di rumah? Iya, sih.. sebagian orang mungkin beranggapan bahwa punya kain sutra itu akan ribet karena sulit merawatnya. Termasuk salah satunya dalam hal mencuci kain bahan sutra ini. Namun sebenarnya tidak lho. Asalkan, kita tahu tips utama agar tetap mudah dalam merawat kain sutra.

Untuk kain yang memang 100% berbahan sutra, maka akan memiliki karakter sangat lembut. Saking lembutnya, kain sutra ini terkesan mudah rapuh. Nah, agar lebih mudah merawat kain sutra, berikut adalah beberapa hal penting yang wajib #MamaTekno ingat :

  • Tidak disarankan dibersikan menggunakan sikat yang kasar. Bilamana perlu, cukup bersihkan tanpa alat bantu apapun.
  • Sebaiknya mencuci dengan teknik kering (dry clean).
  • Jika kain sutra merupakan produk branded, biasanya akan tersedia petunjuk dalam label kain. Perhatikan dengan pasti, terutama pada keterangan apakah kain boleh dicuci menggunakan mesin pencuci pakaian atau tidak.
  • Gunakan deterjen khusus untuk kain sutra maupun jenis kain berbahan lembut sejenis.

2. Kain Berbahan Scuba

Jika #MamaTekno belum mengetahui, kain dengan bahan scuba ini dikenal terbiasa digunakan untuk membuat baju kegiatan outdoor seperti olahraga serta menyelam. Walaupun kelihatannya hanya dipergunakan untuk pakaian khusus saja, namun Cara Merawat Kain Berbahan Scuba ini tergolong cukup mudah.

Ada 2 (dua) hal penting yang perlu diperhatikan dalam hal perawatan kain berbahan scuba, terutama saat mencuci kain scuba. Kedua hal tersebut adalah :

  1. Jika #MamaTekno lebih suka mencuci tanpa menggunakan mesin cuci, disarankan untuk tidak terlalu lama saat merendam dengan deterjen, ya.. apalagi merendamnya sambil nonton drama korea kesayangan, wah.. jangan dech!
  2. Karena memang dirancang untuk bertahan di kedalaman air, sebaiknya menggunakan air dengan suhu dingin. Caranya bisa dengan menuangkan air terlebih dahulu ke dalam ember, tunggu beberapa saat kemudian baru memasukkan kain scuba untuk direndam.

Kebetulan saat ini karena sedang dalam masa pandemi, jadi kain scuba ini juga sering kita temukan dalam bentuk masker scuba. Cara merawat di atas, bisa juga diterapkan agar masker lebih awet dan tidak mudah sobek.

3. Kain Bahan Katun

Walaupun kain jenis katun ini lebih banyak serta umum dimiliki oleh setiap orang. Namun bukan berarti tidak ada cara khusus agar kain katun kesayangan tetap awet. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah dalam hal menjaga kualitas warnanya.

Tips merawat kain dengan bahan katun juga cukup mudah. Antara lain adalah jangan terlalu sering menggunakan deterjen yang berbeda-beda, serta usahakan memakai air yang mengalir saat mencuci pakaian dengan bahan kain jenis katun.

3 Jenis Bahan Kain Yang Mudah Cara Merawatnya — Mana yang #MamaTekno Suka?

Siapa sih yang tidak ingin punya barang tapi mudah cara merawatnya, bukan? Termasuk juga kain. Nah, dari ketiga jenis kain di atas, mana nih kain yang paling #MamaTekno Sukai? Atau bahkan dari ketika jenis kain tersebut belum ada yang menjadi koleksi favorit?

Jika iya, boleh dong berbagi jenis kain apa serta bagaimana tips mudah dalam merawatnya. Terima kasih sebelumnya, ya.

Blogger perempuan. Mempublikasikan konten tentang Gaya Hidup, Bisnis, Kulineran, Parenting, Hiburan, Fashion, Beauty, Teknologi di Personal Blog NONI.web.id. Silahkan Hubungi : info@noni.web.id, untuk kerja sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.