Personal

5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Saat Menstruasi Pertama

5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Saat Menstruasi Pertama. Salah satu tanda puberitas seorang anak perempuan adalah mengalami menstruasi atau keluarnya darah dari vagina. Fase menstruasi pertama ini rata-rata dialami oleh anak usia mulai 10 hingga 14 tahun.

Tak Perlu Panik, Menstruasi itu Normal!

5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Saat Menstruasi Pertama
5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Saat Menstruasi Pertama

Seorang anak bisa mengalami menstruasi pada umur awal Karena dipengaruhi oleh kondisi hormone dan kelenjar, sedangkan apabila mengalami menstruasi pertama agak terlambat, biasanya dipengaruhi oleh kadar lemak tubuh, dan bisa jadi karena ada diabetes melitus.

Sebagai anak perempuan yang baru saja mengalami menstruasi pertama, tentunya akan bingung karena akan mengalami hal-hal yang kurang nyaman, seperti kram perut, pusing, timbul jerawat, perubahan suasana hati, nyeri pada payudara, bahkan kejadian darah tembus di rok saat berkegiatan.

Nah, bagi kalian yang saat ini sedang mengalami menstruasi pertama atau saat berada pada fase jelang menstruasi pertama, jangan khawatir, pada artikel ini akan dijelaskan langkah apa saja yang sebaiknya dipersiapkan saat menstruasi pertama :

1. Berdiskusi dengan Orangtua

Jangan malu untuk bertanya tentang menstruasi ini kepada orangtua, terutama kepada Ibu. Setiap perempuan akan mengalami menstruasi dan ini adalah normal. Bertanya langsung dengan orangtua sangat penting agar kalian tidak mendapatkan informasi yang salah.

2. Kenali Tanda Awal Menstruasi

Walaupun tiap orang mengalami tanda yang berbeda-beda, namun kalian harus mengenali beberapa tanda agar ketika mengalami menstruasi pertama tidak mudah panik. Tanda-tanda kalian akan mendapatkan menstruasi atau lebih dikenal dengan Pre Menstruasi Syndrome (PMS) antara lain :

  • Payudara terasa kencang dan sakit,
  • Kram perut,
  • Munculnya jerawat,
  • Sakit kepala serta perubahan suasana hati.

Nah, PMS ini akan terjadi setiap bulannya ketika menstruasi akan datang. Kalian harus bersiap-siap, ya.

3. Sediakan Pembalut

Karena pada umumnya anak yang baru mengalami menstruasi pertama mempunyai siklus yang belum tetap, ada baiknya kalian menyiapkan pembalut di tempat yang mudah dijangkau atau sering dibawa, namun tetap aman serta tersembunyi, misalnya di tas. Ini akan dapat mempermudah apabila kalian mengalami menstruasi ketika sedang sekolah atau berkegiatan sehari-hari lainnya.

4. Membiasakan Memakai Pembalut

Bagi kalian yang belum mengerti cara memakai pembalut, bisa bertanya dengan orangtua atau saudara perempuan bagaimana memilih dan memakai pembalut yang benar. Kalian harus tahu bagaimana membukanya, bentuknya serta cara pakainya. Sehingga ketika menstruasi pertama datang, kalian sudah terbiasa memakai pembalut dengan baik dan benar.

5. Bersikap Tenang

Setiap wanita mengalami menstruasi dan ini adalah normal. Jadi kita harus tetap bersikap tenang dalam menghadapinya. Terutama terkait informasi 5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Saat Menstruasi Pertama, seperti yang telah disampaikan di atas.

5 Hal Penting Ini Harus Dipersiapkan Saat Menstruasi Pertama

Kesimpulannya, setiap perempuan dipastikan akan mengalami menstruasi pertamanya dengan tanda maupun kondisi psikis yang berbeda-beda. Namun secara garus besar, hal-hal yang disampaikan di atas diharapkan dapat membantu memudahkan pengalaman pertama saat menstruasi. Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan apabila kalian sedang atau akan menghadapi menstruasi pertama. Semoga bermanfaat, ya!

Blogger Wanita. Menulis tidak hanya Senang. Tapi juga butuh. Menjadi sarana kebaikan berupa informasi bermanfaat, Adalah salah satu tujuan utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *