Personal

Apakah Doodle Termasuk Dalam Seni Gambar ?

Awalnya, saya tidak mengenal apa itu doodle. Baru setelah di kampung kami beberapa minggu yang lalu ada kegiatan membuat pot bunga sederhana dengan memanfaatkan botol bekas air mineral, saya mulai tahu tentang doodle. Unik dan juga menyenangkan. Namun Apakah Doodle Termasuk Dalam Seni Gambar ? Nah, ini juga menjadi ilmu baru bagi saya, yuk.. ikuti sampai selesai, ya.

Apakah Doodle Termasuk Dalam Seni Gambar
Apakah Doodle Termasuk Dalam Seni Gambar ?

Arti Doodle Secara Umum

Seperti biasa, setelah menemukan sesuatu yang baru dan menarik di dunia real dan saya senang akan hal tersebut, maka saya akan mencari tahu informasi lebih lanjut di dunia online, tak terkecuali tentang doodle ini. Pengertian tentang apa itu doodle sendiri akhirnya dapat saya temukan melalui situs ensiklopedia bebas bahasa Indonesia.

Doodle adalah gambar sederhana yang dapat memiliki makna representasi konkret atau hanya terdiri dari garis acak dan abstrak. Secara bahasa, doodle juga dapat berarti coretan.

Baca tentang arti doodle secara umum di Wikipedia Indonesia.

Apakah Doodle ini Memiliki Manfaat ?

Banyak juga loh manfaat doodle ini. Setelah beberapa kali saya sediakan waktu khusus saat senggang untuk mencari informasi lebih jauh tentang doodle, ternyata menjadi salah satu saran kegiatan yang dapat dilakukan dalam kondisi tertentu. Bahkan, aktivitas mencoret ini sudah memiliki istilah sendiri di kalangannya, mereka menyebutnya dengan Doodling.

Menurut beberapa sumber yang cukup terpercaya, melakukan doodling dapat menghasilkan beberapa manfaat positif, antara lain adalah :

  • Membantu sebagai terapi mudah dalam mengurangi rasa kebosanan, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.
  • Membantu mengontrol emosi sehingga kita bisa menjadi cepat merasa rileks, hal ini juga dapat membuat terciptanya mood baru yang menyegarkan pikiran.
  • Dan tentu saja, dapat membantu kita untuk lebih bisa mengasah keterampilan serta kreativitas.

Cara Membuat Karya Doodle

Belakangan, saya kemudian mengetahui juga kalau hasil coretan doodling ini bisa menjadi sebuah hasil karya yang nilainya tidak boleh dibilang biasa. Saking menarik serta uniknya, hasil karya sebuah doodle yang bagus dikenal dengan istilah Doodle Art.

Menurut saya pribadi, sebenarnya tidak memiliki cara khusus saat membuat doodle jika masih dalam taraf coretan awal. Namun karena bagaimanapun ini merupakan kreativitas, sehingga ada teknik khusus agar doodling ini lebih terarah serta dapat menjadi keahlian dengan hasil yang luar biasa.

Jadi, cara untuk membuat doodle menjadi sebuah karya yang maksimal ini lebih ke hal-hal yang sifatnya alamiah, seperti misalnya :

  1. Jika sebelumnya langsung membuat gambar berupa coretan abstrak tanpa tema, maka mulailah menentukan sebuah tema agar tujuan doodling menjadi lebih fokus hasilnya nanti.
  2. Mulai mencari inspirasi sebelum membuat doodle, jadi tidak sekedar doodling secara spontan saja.
  3. Menemukan tempat khusus saat akan doodling, misalkan di taman, saat liburan di lokasi wisata alam, di teras rumah saat sore hari sembari menikmati teh hangat dan lain sejenisnya.

Jadi, Apakah Doodle Termasuk Dalam Seni Gambar ?

Jika membaca dari awal tentang cerita pengalaman pribadi saya mulai mengenal doodle, bagaimana menurut pembaca? Apakah Doodle Termasuk Dalam Seni Gambar ?

Bagi saya pribadi, terlepas dari sisi pengakuan secara resmi, hasil apapun dari sebuah kegiatan yang dilakukan secara sengaja, memiliki tujuan dan bahkan menjadi manfaat, merupakan sebuah karya. Paling tidak, ini akan menjadi sebuah pencapaian bagi diri sendiri.

Nah, karena doodle ini menghasilkan sebuah gambar yang seringkali memiliki nilai visual yang luar biasa, maka boleh saja disebut termasuk dalam seni gambar.

Tidak saja memiliki nilai dalam bidang seni gambar lho, doodle ini ternyata diakui juga memiliki nilai seni yang lain, seperti : seni rupa dua dimensi, seni desain grafis. Bahkan karakter abstraknya saja, diakui sudah memiliki nilai seni dekoratif geometris.

Waaah… jadi kepingin mulai corat-coret nih, ya! hihihi. Ya paling tidak dapat lebih menjadikan kita untuk dapat menghargai setiap apapun yang kita jumpai. Tak terkecuali aktivitas mencoret yang kelihatan seperti hiburan sepele dan tidak memiliki makna apa-apa.

Semoga informasi ini bisa menjadi manfaat. Oh iya, tapi sebisa mungkin usahakan melakukan aktivitas doodling ini pada media yang semestinya saja, ya.. jangan sampai semua dinding rumah kita penuh dengan doodle art, terkecuali memang akan dibuat seperti itu secara sengaja. Selamat mencoret, selamat berkarya!.

Blogger Wanita. Menulis tidak hanya Senang. Tapi juga butuh. Menjadi sarana kebaikan berupa informasi bermanfaat, Adalah salah satu tujuan utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.