Parenting

Cara Membiasakan Makanan Halal Pada Anak

Setiap Orangtua pasti memiliki keinginan agar anaknya tetap sehat, tidak mudah terkena suatu penyakit sehingga bisa tetap enerjik serta produktif dalam menjalani keseharian yang penuh dengan manfaat. Ini kita berbicara baru dari sisi kesehatan tubuh, belum lagi jika lebih mendasar dari segi keyakinan yang dianut. Nah, berikut merupakan Cara Membiasakan Makanan Halal Pada Anak sejak usia dini.

Cara Membiasakan Makanan Halal Pada Anak
Cara Membiasakan Makanan Halal Pada Anak

Di era yang serba mudah seperti sekarang ini, tentu kita sebagai Orangtua akan cukup mengalami kesulitan dalam melakukan filterisasi atau bahkan pembatasan kebiasaan dalam hal mengikuti kemajuan. Tak terkecuali dalam mengkonsumsi makanan halal sehari-hari. Oleh sebab itu, tak berlebihan jika kita mencoba berusaha menerapkannya pada anak, sejak awal.

Manfaat Makanan Halal

Baik terutama dari sisi pandang agama maupun hal lain seperti kesehatan, membiasakan mengkonsumsi makanan halal pada anak-anak akan memiliki dampak serta manfaat yang luar biasa. Berikut adalah 2 contoh manfaat makanan halal secara garis besar :

1. Sehat Bagi Rohani

Bagi umat Islam, perintahnya sudah jelas, seperti salah satu firman Allah SWT pada QS. Al Baqarah ayat 168: “Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu“.

Ini tentu akan lebih mempermudah mengajarkan tentang sesuatu yang baik dan perlu menjadi pilihan utama bagi manusia yang memiliki keyakinan. Dengan demikian, paling tidak sebuah adab dalam memilih makanan sudah mulai diajarkan sedini mungkin.

2. Sehat Bagi Jasmani

Ini juga bukan perkara yang masih absurd, jika tak percaya, silahkan bertanya kepada seseorang yang sudah ahli dalam bidang gizi tentang sejauh mana terbuktinya bahwa makanan halal memiliki manfaat optimal bagi kesehatan tubuh.

Bahkan, seluruh nutrisi yang dibutuhkan sebagai asupan bagi tubuh manusia bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi makanan dari sumber bahan yang halal.

Cara Mudah Membiasakan Anak Mengkonsumsi Makanan Halal

Akan lebih mudah jika ini dilakukan dari rumah, seperti menerapkan beberapa cara mudah di bawah ini :

  • Melibatkan anak sejak usia dini dalam memilih bahan makanan, seperti dengan mengajaknya berbelanja di pasar. Bila perlu, sempatkan untuk menjelaskan bagaimana bahan makanan tersebut berasal hingga terbuat dari apa jika bahan tersebut berupa olahan jadi.
  • Kenalkan logo halal. Ini akan bermanfaat jika sesekali perlu membeli bahan makanan kemasan di supermarket atau bahkan saat sekedar membeli jajanan berupa snack ringan.

Selain cara tersebut di atas, perlu diterapkan juga ketika menjalankan aktivitas lain terutama saat di luar rumah, saat melakukan liburan traveling keluarga, misalnya. Jika ada salah satu anak kita yang sudah besar (dewasa), maka tidak akan terlalu sulit dalam menerapkannya. Namun bagaimana jika masih krucil? Nah, berikut merupakan cara mudah yang secara umum dapat diterapkan :

  1. Membuat perjanjian yang harus disepakati, bahwa saat akan membeli makanan berupa makan pagi, siang, sore, malam hingga jajanan, tidak diperkenankan untuk membeli langsung, namun harus diketahui dan diizinkan oleh kedua Orangtua.
  2. Jika memungkinkan, pilih tempat makan sebelum berangkat menuju lokasi liburan. Ini juga akan bermanfaat sebagai sarana diskusi bersama yang akan menguatkan pentingnya rasa kebersamaan.
  3. Ingatkan tentang apa yang sudah pernah diterapkan serta disepakati bersama terkait pentingnya mengkonsumsi makanan halal saat di luar rumah, salah satunya agar tubuh tetap bugar dan acara liburan bisa berjalan dengan menyenangkan.

Cara Membiasakan Makanan Halal Pada Anak

Bagaimana, mudah bukan? Apalagi jika hal ini terus menerus diterapkan secara konsisten di rumah. Mungkin awalnya akan sedikit membutuhkan perhatian serta waktu ekstra, namun insyaAllah seiring berjalannya kebiasaan, maka semakin hari akan semakin mudah menerapkan kebiasaan mengkonsumsi makanan halal pada anak.

Selamat mencoba, semoga informasi ini bisa menjadi sarana manfaat yang membantu. Ada yang kurang setuju, tidak pas atau mungkin bahkan memiliki pengalaman tentang Cara Membiasakan Makanan Halal Pada Anak lainnya yang sudah pernah berhasil diterapkan dalam hal membiasakan konsumsi makanan halal ini? Silahkan sampaikan menggunakan kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel ini, ya.

Blogger perempuan. Mempublikasikan konten tentang Gaya Hidup, Bisnis, Kulineran, Parenting, Hiburan, Fashion, Beauty, Teknologi di Personal Blog NONI.web.id. Silahkan Hubungi : info@noni.web.id, untuk kerja sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.