Personal

Lakukan Tes Covid 19 Jika Terpaksa Bepergian

Lakukan Tes Covid 19 Jika Terpaksa Bepergian ke luar kota untuk suatu urusan yang memang amat sangat penting serta tak bisa dihindari. Ini perlu diperhatikan. Dengan melakukan tes covid 19 sebelum bepergian, berarti anda peduli dengan keselamatan diri sendiri, keluarga dan orang lain.

Lakukan Tes Covid 19 Jika Terpaksa Bepergian
Selalu Perhatikan Menerapkan Protokol Kesehatan Saat Bepergian

Artikel ini bukan berarti memberikan gambaran agar boleh bepergian, sama sekali tidak. Kita semua menyadari bahwa dengan melakukan perjalanan ke luar kota, sangatlah beresiko tinggi serta memungkinkan kita memaparkan atau terpapar wabah virus covid 19. Karena kita tidak tahu, ketika di perjalanan bisa saja kontak langsung dengan orang lain yang sedang terpapar virus corona.

Kenali Jenis Tes Covid 19

Ada beberapa metode tes pemeriksaan covid-19 yang menjadi standar protokol kesehatan dan wajib diterapkan serta dilaksanakan oleh siapa saja, termasuk anda. Apalagi jika anda terpaksa melakukan perjalanan lintas kota. Anda perlu mengenalnya dengan baik.

Rapid Tes

Hariyanti Personal Blog sendiri mengenal jenis metode tes rapid ini masih berlaku sebagai persyaratan melakukan perjalanan hingga bulan desember 2020. Kita semua mengenalnya dengan istilah model tes covid cepat. Adalah sebuah metode tes dengan cara mendeteksi antibodi IgM (Immunoglobin M) dan IgG (Immunoglobin G) yang diproduksi oleh tubuh yang berfungsi untuk melawan virus.

Sebagian banyak orang di Indonesia pasti sudah mengalami bagaimana menjalani Rapid Tes saat akan melakukan perjalanan menggunakan moda darat, laut maupun udara. Anda sendiri pernah melaksanan Rapid Tes ?

PCR Tes

Polymerase Chain Reaction (PCR), saat ini lebih dikenal di masyarakat umum dengan istilah Swab Tes. Tes virus dengan metode jenis PCR ini dapat mendeteksi tubuh kita apakah ada material genetik berupa bakteri atau virus pada tingkat sel. Tes PCS ini tingkat sensitivitasnya lebih tinggi dari Rapid Tes.

Metode Tes PCR (swab tes), mulai intens diterapkan di Indonesia sejak awal tahun 2021. Dengan tes yang tingkat validasinya lebih tinggi ini, diharapkan dapat lebih mendeteksi adanya keberadaan virus SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab COVID-19 dalam tubuh manusia.

Lakukan Tes Covid 19 Jika Terpaksa Bepergian

Selain kedua metode tes covid 19 diatas, masih ada jenis tes lainnya, yakni Tes Cepat Molekuler (TCM). Model ini diterapkan pada individu yang didiagnosa mengidap penyakit tuberculosis (TB). Jadi jika salah satu keluarga anda terindikasi mengidap TB, sebaikanya melakukan tes metode TCM ini.

Sebaiknya Tetap Di Rumah Saja

Sesuai dengan anjuran pemerintah yang saat ini melaksanakan PSBB dan PTKM, kita memang sebaiknya mematuhi untuk tetap mengutamakan melaksanakan aktivitas dari rumah, termasuk mentaati protokol kesehatan berupa : Pakai Masker. Menjauhi Kerumunan. Mengurangi Mobilitas. Tidak Merokok di tempat umum. Mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer.

Namun jika amat sangat terpaksa tidak dapat mengindari dan harus pergi melakukan perjalanan ke luar kota, maka melakukan tes covid merupakan ciri bahwa anda peduli terhadap diri sendiri, keluarga dan orang lain di sekitar anda. Ini tentu berlaku saat anda akan pergi, juga saat anda kembali ke rumah setelah melakukan perjalanan.

Lakukan Isolasi Mandiri

Selain Lakukan Tes Covid 19 Jika Terpaksa Bepergian, jangan lupa untuk mempersiapkan kondisi isolasi saat anda tiba di tempat tujuan. Bila memungkinkan, lakukan perencanaan sebelum bepergian dengan keluarga yang akan anda kunjungi. Pastikan ada tempat terpisah untuk isolasi di sana, sebelum anda beraktivitas melakukan kontak langsung bersama keluarga serta orang sekitarnya.

Semoga informasi ini menjadi manfaat, pastikan anda dan keluarga tak tertular virus covid 19 atau bahkan menjadi sarana penularan bagi orang lain. Sekali lagi kami tekankan : Lakukan Tes Covid 19 Jika Terpaksa Bepergian. Terima kasih anda telah bersedia menjadi sarana kebaikan kepada orang lain.

Blogger wanita. Senang mencoba resep masakan, terutama makanan Indonesia. Sesekali nonton film, termasuk drama korea. Menerima pesanan kuliner homemade.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *