5 Manfaat Mempunyai Dana Darurat

5 Manfaat Mempunyai Dana Darurat, yang bisa saja dapat membantu anda selamat dari kondisi tertentu dengan cepat. Urusan keuangan, memang perlu disikapi dengan cermat dalam segala kondisi, termasuk apalagi saat pandemi seperti sekarang ini. Yuk.. lanjutkan membaca lebih lanjut.

5 Manfaat Mempunyai Dana Darurat
5 Manfaat Mempunyai Dana Darurat

Dana darurat merupakan salah satu jenis dana yang perlu Anda punyai.

I Love LiFe

Dimana dana tersebut sebaiknya dimasukkan ke dalam pos pengeluaran untuk rencana anggaran keuangan keluarga yang dipunyai.

Dengan menyimpan dana tersebut nantinya akan dapat membantu untuk tetap mempunyai dana yang cukup untuk berbagai kebutuhan yang sifatnya mendadak dan dalam keadaan darurat.

Sehingga hal tersebut juga akan membantu Anda untuk tidak mengambil pinjaman apabila membutuhkan dana untuk hal yang darurat. Adapun misalnya untuk beberapa manfaat yang bisa diberikan ketika mempunyai dana jenis ini adalah bisa digunakan untuk berbagai hal yang sifatnya mendadak dan darurat seperti berikut ini.

Inilah 5 Manfaat Mempunyai Dana Darurat

1. Sebagai dana perawatan kesehatan

Manfaat pertama mengapa Anda perlu mempunyai dana simpanan untuk hal darurat adalah dapat digunakan sebagai dana perawatan kesehatan. Setiap orang tentu saja tidak ingin sakit, akan tetapi walaupun telah menjaga kesehatan dengan baik Anda tidak bisa mengetahui datangnya penyakit yang bisa diderita.

Oleh karena itulah agar tetap bisa untuk mengcover biaya yang diperlukan untuk perawatan kesehatan seperti biaya berobat hingga membeli obat yang pastinya tidak murah Anda bisa menggunakan dana simpanan keperluan darurat yang dimiliki.

2. Sebagai dana memperbaiki rumah

Dana untuk keperluan darurat ini juga akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki rumah ataupun kendaraan yang Anda miliki. Rumah bisa mengalami saja kerusakan dan perlu untuk renovasi tanpa direncanakan.

Hal ini dapat dilakukan tanpa mengambil pinjaman apabila Anda mempunyai simpanan dana untuk keperluan darurat ini. Sehingga bisa membiayai renovasi rumah yang dibutuhkan karena banjir ataupun bencana lainnya sehingga membuat rumah menjadi rusak.

3. Sebagai dana memperbaiki Kendaraan

Selain rumah, dana tersebut juga akan bisa digunakan apabila kendaraan Anda mengalami kerusakan.

Sedangkan kendaraan penting untuk mendukung mobilitas sehingga perlu untuk diperbaiki dengan segera. Untuk memperbaikinya Anda juga dapat menggunakan dana simpanan yang dimiliki sehingga kendaraan dapat berfungsi dengan normal kembali.

4. Sebagai dana perjalanan yang tidak terduga

Dana simpanan yang dipunyai juga bisa digunakan untuk membiayai perjalanan yang tidak terduga. Misalnya saja bagi Anda yang mempunyai keluarga di luar kota dan ada anggota keluarga yang sakit sehingga harus pulang, maka bisa menggunakan dana simpanan yang dimiliki.

Hal lainnya adalah dapat digunakan untuk menikmati liburan ketika sedang suntuk dan membutuhkan liburan yang spontan.

5. Sebagai dana hidup sehari-hari ketika masa krisis

Manfaat terakhir dari mempunyai dana darurat adalah dapat digunakan untuk bantuan tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa krisis.

Misalnya apabila Anda kehilangan pekerjaan dan belum mempunyai pekerjaan baru, maka dengan mempunyai simpanan dana nantinya tetap dapat memenuhi kebutuhan keluarga hingga mendapatkan pekerjaan yang baru. Sehingga dengan mempunyai dana simpanan ini akan sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan di masa krisis.

Sejauh apa persiapan yang sudah anda lakukan untuk dana darurat tak terduga saat ini? Semoga artikel ini dapat membantu dalam menyiapkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *