Kuliner

Menentukan Harga Jual Kue Kering

Menentukan Harga Jual Kue Kering, gampang-gampang susah, memang. Tapi jika mulai dibiasakan dari awal, menentukan harga jual akan menjadi hal yang mudah, bahkan bisa terbayangkan tanpa harus menghitung secara detail, paling tidak ada perkiraan global untuk menentukan rencana harga jualnya.

Menentukan Harga Jual Kue Kering

Supaya lebih mudah, jadikan patokan utama untuk menghitung adalah: Harga Produksi, Biaya Bahan Baku, Ongkos Operasional, Tenaga dan Pemasaran.

NONI.web.id

Harga Produksi
Biaya untuk produksi merupakan poin hitungan yang utama, karena hasil akhirnya adalah jumlah keseluruhan dari modal belanja bahan baku, operasional pembuatan, termasuk tenaga bekerja serta biaya pemasaran.

Bahan Baku
Agar lebih mudah dalam menghitung, biasakan kalkulasi berdasarkan satu resep. Jadi jika per 1 resep itu misalkan bisa jadi 2 toples, atau jadi berapa gram kue kering, maka itulah yang dihitung.

Operasional
Ongkos operasional ini meliputi transport membeli bahan, gas untuk bahan bakar, listrik jika menggunakan alat elektronik atau penerangan lampu bila produksi malam hari.

Tenaga Produksi
Walaupun kita membuat sendiri, namun tetap harus profesional, siapkan rencana harga tenaga yang nantinya diberlakukan baik untuk diri sendiri maupun tenaga orang lain, jika ada.

Pemasaran
Biasanya, sering luput dari hitungan, apalagi jika penjualan dilakukan disekitar rumah saja. Padahal, sama seperti membeli bahan baku, untuk mengantar pesanan tetap akan diperlukan biaya. Artinya, kita perlu menghargai jasa antar yang dilakukan, walaupun oleh diri sendiri.

Menentukan Harga Jual Kue Kering — Uraian diatas memang tidak mencakup nilai persentasi, bilangan dan rupiah. Namun hanya sebagai gambaran sistematis sederhana yang dapat diterapkan ketika kita akan menentukan harga jual, serta mengelola sebuah Bisnis Kuliner.

Usahakan secermat mungkin dalam menghitung rencana anggaran, terutama pada tenaga produksi, operasional dan pemasaran. Mengapa? karena hitungan untuk tenaga produksi, operasional, terkadang memang tidak memiliki nilai pasti, disesuaikan dengan perkiraan mobilitas dan sebagainya.

Sedangkan untuk pemasaran, hampir sama persis, pastikan semua tercatat atau bahkan memiliki nota, jika perlu. Salah satu biaya pemasaran yang pasti dari sisi pengeluarannya adalah dengan menggunakan Toko Online, karena tagihan setiap bulan/tahun sudah dapat diketahui sebelumnya.

Selamat mencoba, semoga menguntungkan.

Blogger Wanita. Menulis tidak hanya Senang. Tapi juga butuh. Menjadi sarana kebaikan berupa informasi bermanfaat, Adalah salah satu tujuan utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *