Parenting

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Usia Lanjut

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Usia Lanjut — Secara umum, dikenal dengan istilah Lansia. Kita sering mendengarnya dalam keseharian. Biasanya, usia lansia lebih kerap disadari saat umur kita beranjak tua, mulai merasakan beberapa kerentanan tubuh terhadap suatu penyakit, adanya penurunan fungsi vitalitas bahkan ditandani dengan benyaknya penyakit yang kemudian sering menyerang tubuh. Apakah selalu demikian? Mari kita urai lebih dekat tentang apa itu usia lansia pada artikel ini.

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Usia Lanjut
Ilustrasi Gambar Orang Lanjut Usia

Kapan Seseorang Termasuk Lansia?

Bicara tentang usia, ada sedikit perbedaan terkait menentukan kapan seseorang dianggap telah memasuki usia lanjut :

  • Menurut WHO (World Health Organization), yang mana merupakan sebuah Organisasi Resmi Kesehatan Dunia, usia lanjut terbagi dalam beberapa kriteria menurut usianya:
    • Usia pertengahan (middle age) usia 45-59 tahun
    • Lanjut usia (elderly) usia 60-74 tahun
    • Lanjut usia tua (old) usia 75-90 tahun
    • Usia sangat tua (very old) usia lebih dari 90 tahun
  • Sementara di Indonesia sendiri (menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia – 2015), seseorang sudah dapat dikatakan sebagai Lansia saat memiliki kriteria berikut ini :
    • Lansia (60-69 tahun)
    • Lansia Resiko Tinggi (usia di atas 70 tahun yang juga memiliki masalah kesehatan)

Menjadi Lanjut Usia Adalah Proses Alamiah, Bukan Penyakit!

Jadi, jangan sampai ini menjadi stigma di masyarakat. Beberapa kasus kita sering masih melihat bahwa seseorang yang sudah lanjut usia akan menjadi sebuah beban, apalagi kemudian disertai dengan penyakit yang mengiringi masa tuanya. Tak sedikit orang yang menyerahkan proses perawatan lansia kepada lembaga atau badan pengasuh khusus, seperti panti jompo. Padahal, mereka adalah orangtuanya sendiri.

Dalam kondisi tertentu, tidak salah memang. Seperti misalnya orang lanjut usia tersebut memang tidak memiliki tempat tinggal dan keluarga, maka peran masyarakat di sini menjadi sangat penting untuk tetap memberikan sebuah kehidupan layak yang dapat dinikmati secara nyaman oleh Lansia tersebut.

Faktor Umum Mengapa Kebanyakan Lansia Memiliki Banyak Keluhan

Seperti disebutkan sebelumnya, mengalami usia lanjut bukanlah penyakit. Yang termasuk bisa dikatakan sebagai penyakit adalah keluhan yang dialami saat memasuki usia senja. Ini tentu berbeda pada setiap orang, bergantung dari banyak hal serta faktor yang mempengaruhinya, antara lain adalah :

  1. Gaya Hidup yang tidak terkontrol saat usia muda. Penyebabnya banyak, seperti misalnya kurang terbiasa mengkonsumsi makanan sehat, sering bekerja tanpa kenal waktu istirahat, kebiasaan merokok atau bahkan mengkonsumsi minuman beralkohol, dan faktor sebab lainnya.
  2. Memiliki Penyakit Bawaah. Seperti yang kita semua ketahui, ada banyak sekali penyakit bawaan yang kemudian baru dapat dirasakan akibatnya saat menjelang usia lanjut. Dua diantara yang paling populer adalah penyakit jantung dan diabetes.
  3. Semakin lanjut usia, organ vital tubuh kita semakin menurun kualitas serta fungsinya. Ini faktor alamiah, siapapun bisa mengalaminya, termasuk juga Anda. Contoh yang paling sering kita dengar salah satunya adalah penyakit katarak. Secara medis, katarak disebabkan oleh munculnya lingkaran berwarna putih pada lensa mata dan akan semakin menjadi besar seiring bertambahnya usia, yang pada akhirnya dapar berlanjut pada gangguan penglihatan.

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Usia Lanjut & Cara Memperlakukan Lansia

Harapannya, setelah kita mengenali lebih dalam tentang Apa Itu Usia Lansia, sebaiknya kita berusaha untuk mengerti serta memperlakukan seorang Lansia dengan baik. Apalagi, jika meraka adalah keluarga atau bahkan Orangtua kita sendiri.

Mereka sama dengan kita sebagai warga negara, haknya juga terlindungi secara hukum dan undang-undang, seperti memiliki hak untuk mendapatkan kemerdekaan hidup, berpikir, pekerjaan, penghidupan yang layak. Serta masih banyak lagi, untuk melengkapi informasi silahkan buktikan dengan melakukan pencarian tentang Hak Seorang Lansia, atau dapat berkonsultasi dengan seorang ahli bidang hukum terkait Lansia ini.

Video Oleh : Anlene Indonesia

Jadi, mari kita sayangi orangtua, keluarga yang sudah memasuki usia senja dan siapa saja yang termasuk kategori seorang lansia seperti yang sudah disampaikan pada awal artikel ini. Paling tidak, kita bisa membantu menjaga kesehatan mereka. Semoga informasi Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Usia Lanjut Usia ini, menjadi manfaat bagi kita semua.

Blogger Wanita. Menulis tidak hanya Senang. Tapi juga butuh. Menjadi sarana kebaikan berupa informasi bermanfaat, Adalah salah satu tujuan utamanya.

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *