Cara Membuat Nasi Ungu Bunga Telang

Cara Membuat Nasi Ungu Bunga Telang. Bagi teman-teman penyuka kuliner, tentu ini akan menjadi pengalaman menarik. Mewarnai nasi, sebagai hidangan makan malam untuk keluarga tercinta. Yuk.. kita baca langsung saja cara membuat warna ungu pada nasi putih.

Cara Membuat Nasi Ungu Bunga Telang
Nasi Ungu Bunga Telang – Martani Kuliner

Memilih Warna Bunga Telang

Kembang cantik dengan nama ilmiah Clitoria Ternatea ini, lebih kita kenal berwarna biru cerah. Walaupun sebenarnya ada warna lainnya, yaitu putih serta merah muda (pink). Nah, untuk menghasilkan warna ungu, kita pilih kembang telang berwarna biru, ya.

Cara Menjadikan Bunga Telang Biru Berwarna Ungu

Tidak menggunakan sihir dan bukan rahasia, kami juga mendapat trik ini dari internet, jadi tidak ada salahnya dibagikan di sini, supaya yang lain, termasuk anda jadi tahu dan bisa mencobanya.

Agar Warna asli biru kembang telang bisa berubah menjadi ungu, caranya adalah dengan direbus terlebih dahulu, kemudian air rebusan tersebut dicampurkan dengan jeruk nipis. Supaya lebih jelas bagaimana cara mencampurkannya, silahkan simak video dibawah ini ya (durasi video: 5 menit).

Proses menjadikan warna ungu pada bunga telang dan jeruk nipis

Mudah kan? Setelah anda tahu bagaimana cara membuat warna ungu dari campuran kembang telang dan jeruk nipis, saatnya mencoba kreasi kuliner, salah satunya adalah membuat Nasi Ungu.

Karena kebetulan saya sedang ingin mencoba kuliner pedas oseng mercon, maka kreasi warna ungu kali ini, saya “tumpahkan”, menjadi Nasi Ungu Oseng Mercon. Tidak harus makanan kok, bisa dicoba dengan yang lebih sementara, semisal untuk membuat Teh Kembang Telang.

Tanaman Hias Kaya Manfaat

Selain bisa membuat pekarangan halaman rumah anda menjadi lebih indah, kembang telang ini ternyata banyak manfaatnya juga untuk kesehatan lho, antara lain adalah :

  • Membantu mengurangi peradangan
  • Menyembuhkan luka
  • Mengatasi gangguan kecemasan
  • Meningkatkan daya ingat
  • Dan masih banyak lagi

Bisa juga dimanfaatkan sebagai tambahan zat antioksidan bagi tubuh kita. Waah bermanfaat sekali ya, si kembang telang biru indah ini. Bagaimana, anda mau mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *