Fashion

Tips Belajar Merajut Untuk Pemula

Mulai bosan dengan kegiatan di rumah yang masih itu-itu saja? Belajar membuat rajutan saja, yuk? Selain untuk menambah koleksi handmade pribadi, bisa juga dijadikan produk untuk jualan online, lho. Caranya mudah, #MamaTekno pasti bisa, kok. Baca Tips Belajar Merajut Untuk Pemula ini sampai selesai, yaa….

Tips Belajar Merajut Untuk Pemula
Tips Belajar Merajut Untuk Pemula bersama NONI.web.id

5 Tips Belajar Merajut Untuk Pemula

  1. Tentukan batasan waktu
  2. Kenali alat serta bahan yang dibutuhkan untuk keperluan merajut
  3. Pilih hasil karya rajutan pertama yang akan dibuat
  4. Kumpulkan tutorial teknik dasar merajut
  5. Mulai merajut

Nah, dari kelima tips belajar merajut di atas, saya akan mencoba menjelaskan secara singkat berdasarkan sedikit pengalaman merajut yang pernah saya lakukan saja, ya.

1. Tentukan Batasan Waktu Saat Merajut

Khususnya bagi pemula, merajut adalah suatu kegiatan yang pastinya akan sangat membutuhkan waktu. Apalagi jika kemudian menemukan passion-nya. Jika sudah bersemangat dan senang, jangankan beberapa jam, seharian saja bisa kita lewatkan untuk merajut, lhoo.

Bukannya tidak boleh, tapi sebagai #MamaTekno yang memiliki aktivitas utama lain di rumah untuk keluarga, tentu ini akan menjadi masalah besar nantinya. Berbeda dengan seseorang yang memang kesehariannya bekerja sebagai pengrajin kerajikan rajutan.

Jadi, pastikan memilih waktu yang sekiranya tepat serta tentukan batasannya, ya. Semisal, merajut saat akhir pekan saja. Atau di waktu keseharian yang memang dalam kondisi senggang. Semua urusan rumah sudah selesai, barulah mulai merajut dengan ketentuan waktu antara 1 hingga 2 jam.

2. Alat Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Belajar Merajut

Sependek yang pernah saya alami, jenis alat utama serta bahan yang perlu disiapkan saat akan memulai belajar merajut adalah :

  • Benang Rajut (banyak jenis serta kualitasnya, saya pakai benang rajut katun susu), biasanya saya beli di Shopee Online.
  • Hakpen.
  • Penanda.
  • Gunting.
  • Jarum Tapestry.
  • Meteran Jahit (tapi ini jarang sekali saya gunakan).

3. Memilih Hasil Karya Rajutan

Kalau pengalaman saya, memilih produk hasil karya rajutan sendiri waktu itu antara lain saat ingin memberikan sebuah kado berupa hadiah spesial. Hasil belajar merajut pertama kali yang berhasil saya buat adalah tas dan dompet rajut.

Sedangkan dalam waktu beberapa hari terakhir ini, saya mencoba membuat hasil karya produk rajutan berupa cardigan untuk bayi. Karena kebetulan saya ingin memberi hadiah kepada salah seorang keluarga yang baru saja melahirkan. Contoh hasilnya akan saya sampaikan berupa video di akhir artikel ini, ya.

Sebagai tips, memilih produk yang akan dijadikan sarana belajar rajutan sebaiknya memang mulai dari barang-barang yang tidak terlalu sulit untuk dibuat. Seperti misalnya: gelang rajut, kalung rajut, ikat rambut rajut, topi rajut, sepatu rajut dan barang sejenis lainnya.

Selain lebih mudah untuk segera praktik belajar merajut, memilih hasil rajutan sederhana juga akan memudahkan kita saat melakukan pencarian tutorial merajut, nantinya.

4. Kumpulkan Tutorial Teknik Dasar Merajut

Setiap orang pasti berbeda. Ada yang lebih senang membaca tutorial berupa artikel, ada juga yang lebih suka melihat panduan cara mudah merajut melalui gambar maupun infografis. Saya sendiri, lebih nyaman menonton video tutorial melalui kanal youtube. Salah satu tutorial teknik dasar merajut yang pernah saya tonton, tersedia di bawah ini, ya.

Video Tutorial Merajut Pemula oleh Sarah Jayne

Ada dua tahapan saat saya mencari tutorial cara merajut dari youtube. Yang pertama adalah tutorial teknik dasar membuat rajutan secara umum, lalu yang kedua adalah tutorial merajut yang khusus untuk membuat produk tertentu saja.

5. Mulai Merajut

Setelah keempat kebutuhan di atas terpenuhi, saatnya langsung praktik merajut untuk pertama kalinya. Alhamdulillaah, saya sendiri setelah berhasil membuat karya rajut berupa satu set lengkap baby cardigan rajutan, lalu saya posting di status whatsapp. Kemudian datang beberapa pesanan. Lumayan.. bisa untuk tambahan membeli minyak goreng yang sekarang sedang langka dan mahal harganya, hihihi.

Hasil Karya Dari Tips Belajar Merajut Untuk Pemula

Sebagai pelengkap, bagaimana kalau saya sertakan video produk dari hasil merajut. Setuju, bukan? Siapa tahu bisa menambah semangat untuk mau mencoba belajar merajut sendiri di rumah saat senggang.

Atau bahkan ingin mencoba produk hasil rajutan yang saya kerjakan? Boleh, dong! hihihi. Tapi cara memesannya made by order saja, ya. Waktu pengerjaan insyaAllah antara dua pekan hingga 30 hari kerja. Semoga konten ini bisa melengkapi koleksi fashion handmade #MamaTekno, ya.

Video: Tips Belajar Merajut Untuk Pemula

Blogger Wanita. Menulis tidak hanya Senang. Tapi juga butuh. Menjadi sarana kebaikan berupa informasi bermanfaat, Adalah salah satu tujuan utamanya.

25 Komentar

  • Didik

    Udh lama banget ga mendengar kata merajut ini. Tapi bukan merajut kebhinekaan ya. Hahaha..

    Soalnya kerajinan ini kok kayaknya udh lama banget gitu ditinggalkan. Hanya orang2 tua di desaku yg mau merajut ini. Nah berhubung udh ada tips sekaligus cara merajutnya, boleh nih diintip buat mengisi kesenggangan waktu atau belajar melatih kesabaran.

    Padahal hasil rajutan ini anget banget loh kalo dipake. Apalagi pas musim hujan kayak skrg. Pas banget!

  • Hafif Rahman

    wah menarik mba, saya akan share artikel ini ke istri sebagai aktivitas tambahan untuk nambah skillnya… Siapa tau, nanti pas allah kasih rezeki keturunan, bisa gitu jahit baju anak sendiri… hehehhee

  • Hafif Rahman

    Wah, menarik neh artikelnya.. Saya akan share artikel ini ke istri sebagai aktivitas tambahan. Siapa tau nanti dikasih rezeki keturunan oleh Allah, pakaian anak khususnya saat bayi bisa dibuat sendiri biar hemat biaya.

  • kania

    wah makasih kak sharingnya. Pengen deh belajar merajut tp saat ini masih riweuh ada anak batita. Seru ih kayanya bikin baju sendiri dari hasil rajutan

  • Diaz Bela

    Jadi inget nih dulu aku suka banget merajut. Pernah jadi syal 1 dan setelah itu stop. Padahal merajut kegiatan menyenangkan dan bisa untuk mengisi waktu luang ya.. Kalau sekarang diminta untuk merajut lagi, nyerah deh udah lupa! Hehehe

  • Dila

    Wah saya juga suka merajut. Kalau menurut saya untuk belajar merajut, tahapan paling awal adalah menentukan produk rajut yang akan dibuat. Karena jenis benang dan ukuran hakpen sangat beragam. Jadi kalau sudah menentukan produk rajut yang akan dibuat, setelah itu beli benang dan hakpen yang sesuai. Jangan sampai kalap beli banyak benang, ujung-ujungnya tak terpakai.

  • hallowulandari

    dulu pas kuliah ada temenku yg hobi merajut, sampe bawa alat2nya ke kampus dan ngerajut di waktu2 istirahat kelas, karena aku ga tau sama sekali terasa njelimet yaa. temen kerjaku sekarang juga ada yg tiba2 udh bisa bikin jaket rajut juga, liatnya kaya woww keren bisa bikin baju sendiri hihi

  • Zeneth Ayesha Thobarony

    Aku dulu belajar merajut yang dua stik pas kuliah, yang satu stik kayak les gitu. Sekarang udah ga pernah lagi. Terima kasih tulisannya mba, jadi memikirkan pengen belajar lagi soalnya benang rajut masih banyak banget haha. Pengen hibah benag juga euy

  • Ning!

    Boleh dicoba nih mba untuk melatih kesabaran, Aku yang hidupnya serba terburu-buru dan keseharian yang terlalu hectic kayaknya berlu hal yang melatih kesabaran gini agar kondisi psikis juga seimbang. huhu

  • Ira Hamid

    sejak dulu saya pengen banget bisa merajut tapi sayang hal itu hanya menjadi keinginan semata karena sampe saat ini saya belum bisa merajut juga. Mesti kursus nih kayaknya supaya bisa

  • arip

    Pernah baca kalau ngerajut ini punya efek psikologis yg bagus, kayak ngelatih mindfulness karena harus fokus dan teliti itu, terus punya daya healing juga soalnya buat relaksasi positif pas waktu senggang.

    Kalau ngebenerin kancing yg copot termasuk ngerajut juga ga, ya?

  • antung apriana

    dulu saya pernah juga nih menekuni dunia merajut ini. dikenalin sama rajutan waktu masih kecil gitu dan bisa bikin ikat rambut sama baju boneka. trus waktu kerja kembali merajut dan pernah sampai bikin tas juga. sayang sekarang sudah nggak bisa lagi menekuni hobi yang satu ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.