Hiburan

Tips Hemat Menjadi Travel Blogger

Saya memang pernah memiliki rencana dan keinginan untuk menjadi seorang travel blogger. Sudah terbayang, kan.. bisa pergi traveling kemana saja sambil menikmati berbagai destinasi wisata populer. Kamu juga mau? Yuk baca terus artikel tentang Tips Hemat Menjadi Travel Blogger ini.

Sayangnya, setelah saya mencoba beberapa kali ingin memantapkan tujuan tersebut, kebanyakan selalu saja mengalami kendala. Salah satunya adalah terkait masalah biaya ^^.

Tips Hemat Menjadi Travel Blogger
Tips Hemat Menjadi Travel Blogger ala NONI.web.id

Namun setelah saya coba ingat-ingat, kendala tersebut muncul karena saat itu saya mungkin terlalu “wah” saat menentukan tujuan traveling untuk dijadikan konten di blog. Oh iya, saya ini tinggal di Jogja, dan waktu itu, tempat wisata yang sedang populer untuk dijadikan tujuan traveling masih kebanyakan ada di luar negeri sana, hihihi.

Maka jadilah saya tak pernah meneruskan keinginan untuk menjadi travel blogger. Namun setelah saya beberapa waktu terakhir ini membaca beberapa blog yang kebetulan mengisinya dengan konten traveling, ternyata menjadi travel blogger tak selalu harus memiliki modal besar dan mahal. Salah satu inspirasi tersebut saya dapatkan dari seorang Travel Blogger Medan, mbak Tri Suci Agus Susanti.

Bahkan saya menjadi lebih semangat lagi untuk mencoba membuat konten blog traveling, setelah membaca beberapa postingan mbak Tri Suci di halaman kategori jalan dan wisata. Nah.. jadi punya ide segar dan tips menarik nih.

Berikut 3 Tips Hemat Menjadi Travel Blogger versi NONI Personal Blog

Paling tidak, ini akan coba saya terapkan sendiri, namun jika tips ini nanti bisa cocok juga dengan yang lain, tentu saya akan merasa sangat senang.

1. Kenali destinasi wisata di kota sendiri

Mengingat sebab utama saya tak jadi meneruskan niat menjadi travel blogger seperti diceritakan sebelumnya, maka tips yang paling pertama adalah bagaimana caranya tetap bisa “belanja konten traveling“, namun dengan biaya yang lebih terjangkau.

Apalagi, jika teman blogger berada atau tinggal di kota yang destinasi wisatanya seabrek! waah.. ini sudah bisa dijadikan aset utama untuk menjadi seorang traveling blogger. Kota-kota tersebut sebut saja seperti : Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Kalimantan dan kota lainnya di Indonesia. Nah, coba kenali lebih teliti, wisata apa saja yang saat ini sudah ada dan terdekat di kotamu?

Selain tujuan menjadi travel blogger bisa lebih mudah tercapai. Memulai mengisi konten di blog tentang wisata di kota sendiri juga bermanfaat banget loh, sebut saja beberapa manfaat tersebut adalah :

  • Turut serta mempopulerkan tujuan wisata yang ada di kota sendiri
  • Membantu perputaran ekonomi setempat khususnya di bidang pariwisata dan umkm
  • Mengisi konten jadi lebih bisa konsisten serta efisien

2. Sesuaikan waktu liburan yang pas!

Setiap orang, biasanya kan suka ada jadwal liburan bersama keluarga, ya? Nah.. momen tersebut bisa kita manfaatkan sebagai saat yang tepat untuk sekalian membuat konten tentang traveling cerita perjalanan wisata saat liburan. Jadi maksudnya, kita tak perlu menyiapkan waktu dan anggaran baru. Lebih hemat, bukan?!

3. Gunakan Platform Blog Populer

Mengapa demikian? Alasannya bisa saja berbeda dari setiap blogger. Saya sendiri mungkin akan memanfaatkan platform blog populer seperti blogspot, wordpress, kompasiana, medium dan platform media blogging populer sejenis lainnya. 4 alasan utamanya adalah :

  1. Lebih mudah dan familiar untuk digunakan.
  2. Agar konten menjadi lebih spesifik, yakni membahas hanya tentang topik traveling dan wisata saja.
  3. Murah, bahkan gratis.
  4. Mudah memiliki dan menggunakannya, tidak terlalu banyak hal teknis yang perlu dipersiapkan.

Kamu sendiri, lebih cocok menggunakan platform blogging yang mana? Apapun nanti yang akan digunakan, sebenarnya tidak terlalu menjadi hal yang vital. Yang paling penting adalah tetap konsisten menulis secara terjadwal dalam mengisi konten blog tentang cerita jalan-jalan, wisata dan keseruan saat traveling.

Hmm… terakhir, do’akan ya.. semoga keinginan saya untuk segera memiliki konten khusus tentang traveling ini bisa segera terwujud. Kamu juga, lho.. semoga setelah membaca posting blog ini menjadi lebih bersemangat untuk mencoba sesuatu yang baru dengan murah dan mudah.

Tips Hemat Menjadi Travel Blogger Indonesia
Tips Hemat Menjadi Travel Blogger Indonesia

Kamu sudah menjadi traveling blog? Boleh dong sekedar bercerita sedikit dan berbagi tentang bagaimana tips kamu agar tetap hemat saat ingin menjadikan perjalanan traveling kamu menjadi konten yang bermanfaat bahkan viral di dunia maya?

Blogger perempuan. Mempublikasikan konten tentang Gaya Hidup, Bisnis, Kulineran, Parenting, Hiburan, Fashion, Beauty, Teknologi di Personal Blog NONI.web.id. Silahkan Hubungi : info@noni.web.id, untuk kerja sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *