Kuliner

Menu Pilihan Buka Puasa Saat Pandemi

Bulan puasa akan tiba sebentar lagi. Tahun 2022 ini, insyaAllah pada tanggal 2 April nanti, kita sudah akan mulai memasuki bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Besar harapan kita semua, pandemi sudah berakhir, namun bagaimana jika belum? Berikut merupakan Menu Pilihan Buka Puasa Saat Pandemi masih berlangsung.

Menu Pilihan Buka Puasa Saat Pandemi
Menu Pilihan Buka Puasa Saat Pandemi

Nutrisi Penting Penunjang Daya Tahan Tubuh

Seperti kita ketahui bersama, saat masih dalam kondisi pandemi, kita lebih disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi penting bagi kesehatan serta daya tahan tubuh. Terutama bahan makanan yang dapat menunjang terbentuknya imunitas secara alamiah.

Ini penting untuk segera dimasukkan dalam daftar list bahan utama untuk membuat sajian pilihan saat akan membuat menu makanan hidangan berbuka puasa nantinya. Bahan makanan tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Buah dan Sayuran Segar
  2. Kacang-kacangan
  3. Biji-bijian
  4. Daging
  5. Telur
  6. Ikan

Namun perlu diingat, bahan makanan tersebut pastikan bukan yang dari hasil olahan, ya. Artinya masih merupakan bahan makanan segar yang tidak dilakukan proses non alami apapun sebelumnya. Sebisa mungkin, siapkan stok untuk jangka waktu dekat saja. Semisal belanja 3 hari sekali atau maksimal seminggu sekali saja.

Menu Takjil Pilihan Buka Puasa Saat Pandemi

Asupan pertama kali saat terdengar adzan maghrib, untuk membatalkan puasa kita adalah makanan maupun minuman berupa takjil. Biasanya, sebagian besar orang memulainya dengan minum air putih atau teh hangat segar. Barulah setelahnya memilih menu makanan atau minuman takjil yang sudah tersedia.

Pada saat pandemi seperti sekarang ini, tentu hidangan pembuka berupa takjil tidak hanya sekedar yang manis-manis saja, bukan? Sebisa mungkin berusaha menyantap makanan yang juga penuh nutrisi penting bagi kesehatan serta dapat mengembalikan daya tahan tubuh setelah seharian kita berpuasa.

Berikut adalah beberapa contoh minuman dan makanan yang dapat dijadikan sebagai hidangan takjil bermanfaat bagi tubuh, saat pandemi :

Pilihan Minuman Untuk Takjil :

  1. Minuman hangat berbahan buah kurma. Jika ingin tetap menyajikan kurma sebagai takjil utama, agar tidak bosan bisa disiapkan untuk hidangan takjil dalam beberapa jenis minuman, seperti : wedang kurma, susu kurma, milkshake kurma dan lain sebagainya.
  2. Minuman Dengan Bahan Utama Avocado. Selain kaya akan serat, buah alpukat mengandung banyak sekali nutrisi penting bagi tubuh kita, antara lain adalah vitamin, protein dan karbohidrat. Cocok dijadikan sebagai minuman takjil pendukung dengan disajikan sebagai jus atau dalgona.

Pilihan Makanan Untuk Takjil :

  1. Aneka Puding. Walaupun kebanyakan puding ini dijadikan oleh sebagian besar orang sebagai makanan penutup, namun tak ada salahnya dalam waktu khusus seperti bulan puasa, dihidangkan sebagai makanan takjil. Puding dengan toping buah segar, bisa menjadi pilihan utama.
  2. Kue Bernuansa Jadul. Jika di tempat tinggal agak kesulitan mencarinya, bisa saja membuatnya sendiri dengan resep yang tersedia online. Tentu lebih asik dan sehat, bukan? Seperti misalnya mencoba menghidangkan jajanan kueku saat berbuka puasa.

Menu Makan Besar Pilihan Buka Puasa Saat Pandemi

Agar di bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang tidak biasa untuk keluarga, saya biasanya menghidangkan menu makan utama yang sedikit berbeda. Artinya, paling tidak belum pernah disajikan dalam kurun waktu 2-3 bulan kebelakang.

Walaupun demikian, makanan yang dihidangkan biasanya saya pilihkan dari beberapa hidangan yang menjadi favorit. Seperti misalnya Nasi Kebuli dan Nasi Hijau Pandan.

Selain tidak terlalu repot saat membuatnya, hidangan tersebut biasanya bisa menggugah selera saat berbuka puasa, bahkan hingga santap sahur tiba. Jadi, bisa lebih semangat untuk menjalani puasa di hari berikutnya.

Bagaimana dengan #MamaTekno, apa Menu Pilihan Buka Puasa Saat Pandemi ?

Tentu akan punya pengalaman serta cerita sendiri yang seru dan menarik, ya? Pada artikel ini, memang tidak banyak mengulas tentang apa saja resep pilihan hidangan saat bulan Ramadhan. Namun, lebih ke poin inti bagaimana agar tetap menjaga hidangan memiliki nutrisi pendukung bagi tubuh saat menjalankan puasa di masa pandemi masih berlangsung.

Menu Pilihan Buka Puasa Saat Pandemi
Semoga Tetap Sehat Berpuasa Selama Pandemi

Pilih menu hidangan yang sekiranya mudah serta cocok disantap saat berbuka puasa, bahkan sahur. Asalkan memenuhi keenam unsur seperti telah disampaikan di atas tadi, maka insyaAllah #MamaTekno dan keluarga tercinta akan tetap dalam kondisi sehat dan bugar selama menjalankan puasa nanti.

Semoga bisa menjadi manfaat, terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai, semoga amal ibadah kita semua diterima oleh Allah SWT. Aamiin. Jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan, ya…

Blogger perempuan. Mempublikasikan konten tentang Gaya Hidup, Bisnis, Kulineran, Parenting, Hiburan, Fashion, Beauty, Teknologi di Personal Blog NONI.web.id. Silahkan Hubungi : info@noni.web.id, untuk kerja sama.

18 Komentar

  • Dian Farida Ismyama

    Menarik kak. Aku jarang buka puasa pakai minuman hangat soalnya. Kalau kolak hangat iya. Tapi minuman malah es. Padahal ga baik ya tiba2 minum es setelah seharian berpuasa. Bisa nih bikin minuman kurma. Buat makan besarnya jadi penasaran nasi pandan kayak apa

  • Nurrahmah Widyawati

    Wah, nggak terasa mau Ramadhan. Baca menu takjil dan menu lainnya aja aku jadi senyum-senyum nggak sabar. Kangen banget vibesnya. Semoga esok pandemi dah jauuuh membaik ya ^^ jadi makin hangat deh suasananya. Harus mulai siapin menu buka puasa, vitamin, persiapan fisik, iman dll

  • Nila

    Wah udah mau puasa aja ya… bener2 nggak terasa. semoga lebaran kali ini bisa pulkam hehe … oia aku suka tuh sama tulisan takjilnua pakai kurma, biar gak makan gorengan terus ya hehe

  • Ulfah Aulia

    Seperti biasanya pas bulan ramadhann itu selalu buat rendang di hari2 pertama gitu kak, setelah itu hari2 selanjutnya biasanya lebih ke teh hangat, sirup gitu minumannya kak… Kalau makanan sih seringnya buat kolak kak, hehe

  • Ira Hamid

    di masa pandemi ini, untuk menu buka puasa biasanya kami buat sendiri, sebisa mungkin menghindari beli, soalnya masih takut dan kalo masak sendiri tentu lebih terjamin keamanannya

  • Fenni Bungsu

    Ada buah sayur, dan kacang²an memang referensi bagus buat asupan di bulan Ramadhan, karena pastinya butuh serat biar tetap sehat menjalankan puasa

  • hallowulandari

    wah baca artikelnya auto kebayang bentar lagi udah mau puasa, dan ya masih pandemi juga. Bisa disave nih rekomendasi menu-menu buka puasanya, biar tetep sehat dan menjaga stamina ya

  • Hafif Rahman

    wah, iyah yah Ramadhan tahun ini sudah didepan mata. semoga kita sehat dan senang menjalaninya di tengah-tengah masa pandemi. Paling ditunggu emang suasana buka puasa apalagi bareng temen ataupun keluarga besar.

  • antung apriana

    kalau tahun-tahun dulu aku selalu menyiapkan es buah buat menu berbuka. tapi kayaknya untuk tahun ini mau berusaha mengurangi konsumsi gula deh jadi mungkin buat menu takjil buah segar aja kayaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.